Abdul Fikri Faqih: Dari 6 Stadion Akan Digunakan Tempat Pertandingan Sepak Bola U20

 Abdul Fikri Faqih: Dari 6 Stadion Akan Digunakan Tempat Pertandingan Sepak Bola U20

SOLO – Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih mengungkapkan Komisi X DPR membagi tiga kelompok kunjungan kerja, khusus untuk tinjau stadion-stadion yang akan digunakan perhelatan Piala Dunia Sepak bola U-20 pada 2023 mendatang.

“Dari enam lokasi atau stadion yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan sepak bola U20, hari ini kami, Komisi X DPR RI membagi tiga kelompok untuk meninjau secara langsung persiapan yang dilakukan oleh tiga stadion, yakni Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah yang langsung saya pimpin sendiri, ada stadion Jakabaring Palembang,Sumatera Selatan, serta Stadion I Wayang Dipta, Bali,” ujar Abdul Fikri Faqih saat meninjau Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/11).

Politisi dari Fraksi PKS ini menjelaskan dari paparan pengelola stadion yang tak lain adalah Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Surakarta Rini Kusumandari, terungkap terpilihnya stadion Manahan ini menjadi salah satu arena pertandingan sepak bola U20 oleh FIFA ini salah satunya karena sudah berstandar internasional.

Hal itu terlihat dari luas lapangan, jumlah kursi penonton yang mampu menampung lebih dari 20 ribu penonton, banyak pintu di beberapa sisi lapangan, dan yang paling mengagumkan adalah adanya rumput asli (bukan rumput sintesis yang kerap digunakan negara lain) yang berstandar internasional.

“Khusus untuk rumput ini tadi saya tanya memang atas campur tangan Profesor Rahayu yang merupakan seorang ahli rumput dari UNS (universitas negeri sebelas Maret) yang juga pernah mengerjakan hal serupa di stadion di Papua yang pernah dijadikan PON tahun lalu. Jadi saya yakin dan lihat sendiri, rumput di lapangan stadion Manahan ini memang sangat baik,” jelas Fikri.

Dari sana, Fikri meyakini bahwa sejauh ini persiapan yang dilakukan oleh pengelola stadion Manahan sangat baik. Meskipun masih ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki. Seperti perbaikan pagar keliling, penataan kawasan parkir, pemasangan jaringan internet dan lain-lain.

“Sampai hari ini segala catatan FIFA untuk stadion Manahan ini masih terus dalam proses perbaikan. Dan sejauh ini kami lihat persiapannya sangat baik,”pungkasnya.

Dalam kunjungan spesifik ke Solo, Jawa Tengah ini bersama Abdul Fikri Faqih ini hadir juga anggota Komisi X DPR RI lainnya, Andi Muawiyah, Nuroji, Sakinah Aljufri, Nur Purnamasidi, Basri Romli, AS. Sukawijaya alias Yoyok Sukawi, Fahmi Alaydrus, dan Rojih.

Laporan: Ayu

Editor: Habib Harsono

 

Digiqole ad

Berita Terkait