Ada Tukang Gatering di Balik Ditangkapnya Lukas Enembe oleh KPK

 Ada Tukang Gatering di Balik Ditangkapnya Lukas Enembe oleh KPK

SURABAYA – Luar biasa! Ternyata ada pihak luar sehingga Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap KPK.

Adalah menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan ada peran dari tukang katering dalam penangkapan Lukas. Kini Papua berangsur-angsur membaik pasca penangkapan Lukas Enembe.

Mahfud menceritakan, awalnya ada ancaman kepada petugas KPK yang menangkap Lukas Enembe, maka warga Papua akan turun ke jalan.

“Dulu ditakut-takuti, kalau ditangkap katanya seluruh rakyat Papua turun. Iya hari pertama sekitar 2 ribu, 3 ribu orang (turun). 4 hari kemudian tinggal seribu, terus sampai akhirnya turun jadi 60 orang (yang turun membela Lukas Enembe),” kata Mahfud MD di Gedung Negara Grahadi Surabaya usai menjadi narasumber dalam acara dialog kebangsaan, Sabtu (14/1/2023).

Lalu Mahfud mengaku mengetahui persis jumlah warga yang turun untuk menolak penangkapan Lukas Enembe. Jumlah itu ia ketahui dari tukang katering. Sebab, warga Papua yang turun atau lebih tepatnya relawan Lukas Enembe diberi jatah nasi kotak.

“Pak Mahfud kok tahu? Itu pesan katering yang makan ada catatannya. Kita kenal tukang kateringnya, hari ini pesan berapa, baru ketika sedang kecil (pesanannya) ambil (petugas KPK menangkap Lukas Enembe),” jelasnya.

“Aman tuh Papua, aman tuh. Aman, sangat kondusif di Papua (usai penangkapan Lukas Enembe),” katanya.

Sebelumnya KPK resmi mengumumkan Lukas Enembe sebagai tersangka di kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian dan penerimaan hadiah atau janji pembangunan infrastruktur di Papua. KPK juga menetapkan Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka sebagai tersangka.

“KPK melakukan penyelidikan dan berlanjut ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka Rijatono Lakka dan Lukas Enembe,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (5/1).

Pada Selasa (10/1) lalu, Gubernur Papua Lukas Enembe akhirnya ditangkap oleh petugas KPK ketika sedang menyantap makanan khas Papua yakni Papeda di sebuah restoran.

 

Berita Terkait