Adang Daradjatun Sebut Wakil Rakyat di Parlemen Bukan Sekedar Jabatan Semata tapi…

 Adang Daradjatun Sebut Wakil Rakyat di Parlemen Bukan Sekedar Jabatan Semata tapi…

JAKARTA – Ketua Mahkamah Dewan (MKD) DPR RI Adang Daradjatun menyampaikan soal pemilihan umum (pemilu) bukan sekedar tentang memilih calon wakil rakyat yang disajikan partai politik. Namun juga memilih calon wakil rakyat yang mampu memahami arti dan makna dari rakyat itu sendiri.

“Pemilu 2024 mendatang menjadi ajang kontestasi untuk mencari wakil rakyat yang bernurani dan berparadigma etis. Tidak hanya memilih calon wakil rakyat yang disajikan partai politik, melainkan memilih calon wakil rakyat yang mampu memahami arti dan makna dari rakyat itu sendiri,” jelas Adang saat membuka Seminar MKD DPR RI bertajuk Menyongsong Kontestasi Demokrasi; Mencari Wakil Rakyat yang Bervisi, Bernurani dan Berparadigma Etis” di Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Melihat sangat pentingnya hal itu, maka MKD DPR RI menggelar seminar tentang bagaimana mencari calon wakil rakyat yang memiliki visi-misi, nurani, dan etika sebagai salah satu program lembaganya yang bertugas menjaga kehormatan atau marwah anggota dewan.

“Wakil rakyat bukan sekadar jabatan belaka, namun dalam konteks paradigma etis terkandung pula nilai di dalamnya. Tapi juga dibaluti visi-misi dan nurani. Mereka yang terpilih diharapkan menjadi figur dengan sekujur tubuh yang merakyat serta perilaku etis yang menunjukkan bahwa mereka terhubung dan berbicara tentang rakyat dan nurani,” paparnya.

Oleh karenanya, pihaknya berharap sekali bahwa sebagai Anggota DPR RI, tanggung jawabnya kepada rakyat yang memilihnya pun harus jelas. Dengan kata lain, seminar ini ia bilang sebagai sebuah pemanasan. Pemanasan dalam arti mencari wakil-wakil yang baik dalam rangka membangun dan menjaga martabat Dewan Perwakilan Rakyat.

“Biar masyarakat aware. Jadi yang milih ini kan rakyat, biar diberi penjelasan tentang hasil-hasil Seminar ini dengan pembicara-pembicara yang sangat profesional, senior. Kita bisa mudah-mudahan mendapatkan wakil-wakil rakyat yang baik,” tegasnya.

Berita Terkait