Adies Kadir Jawab Isu Gibran Sudah Jadi Kader Golkar untuk Maju Caketum di Munas Desember 2024

 Adies Kadir Jawab Isu Gibran Sudah Jadi Kader Golkar untuk Maju Caketum di Munas Desember 2024

Jakarta – Ketua Umum DPP Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) DR. Ir. H. Adies Kadir, SH, MHum menjawab isu bahwa Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka telah bergabung menjadi kader dan ada di jajaran elit Partai Golkar kemudian maju sebagai calon Ketua Umum (Caketum) di Munas yang digelar akhir tahun Desember 2024 ini.

Untuk menjawab isu itu, Adies Kadir menyinggung bahwa di Golkar ada aturan main dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

“Terkait dengan kemungkinan-kemungkinan Gibran atau siapa dan lain-lain, di Golkar kami punya aturan main, kami punya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART),” kata Adies Kadir, dalam konferensi pers di Restoran Batik Kuring kawasan SCBD, Senayan, Jakarta Selatan, Ahad (17/3/2024) semalam.

Adies menjabarkan aturan mainnya jika ingin maju sebagai Ketum. Menurut Adies, hingga saat ini dalam AD/ART Golkar belum berubah dan tercantum seseorang yang ingin menjadi ketum, minimal 5 tahun di kepemimpinan Golkar. Adies menyebutkan, MKGR sebagai Ormas Pendiri Partai GolkarĀ  akan mengikuti aturan tersebut.

“Sampai saat ini, AD/ART itu, kalau tidak salah menyampaikan bahwa, seseorang yang ingin mencalonkan diri menjadi ketua umum itu minimal harus lima tahun di dalam kepemimpinan Partai Golkar,” ucapnya.

“Jadi selama ini sebelum ada perubahan AD/ART, kami sebagai underbow partai Golkar, tentunya masih berpatokan kepada AD/ART,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical buka juga sudah buka suara terkait itu.

Ical mengatakan Jokowi atau Gibran jika ingin bergabung menjadi kader Golkar perlu mengikuti aturan main yang mengatur syarat jadi ketua umum.

“Kalau (jadi) ketum itu ada aturannya. (Harus kaderisasi selama lima tahun) ya dong. Namanya juga organisasi,” kata Ical di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (16/3).

 

Berita Terkait