Alhamdulillah, Akhirnya Blok Karaengta Mulai Dilirik Kementerian ESDM!

 Alhamdulillah, Akhirnya Blok Karaengta Mulai Dilirik Kementerian ESDM!

BERBAGI
Logo Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan

JAKARTA, Lintasparlemen.com – Jurang kemerosotan ekonomi skala nasional mulai terlihat jelas di sejumlah dareah di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan melalui pemangkasan anggaran yang dilakukan pada setiap institusi pemerintahan, mulai dari pusat,kementerian,daerah, hingga DPR RI. Padahal, banyak cara yang diklaim mampu mengangkat Indonesia dari jurang kemerostoan ekonomi nasional tersebut. Di antaranya mengembangkan potensi sumber daya alam di wilayah tersebut.

Alasan itu pula membuat Anggota Komisi VII DPR RI asal Jeneponto, Sulawesi Selatan Mukhtar Tompo bersemangat agar potensi alam yang ada di daerah dikembangkan dengan baik untuk mengangkat perekonomian masyarakat di sekitar.

Mukhtar mencontohkan, di kabupaten kelahirannya, Jeneponto memiliki potensi minyak bumi yang melimpah di Blok Karaengta. Dan hingga saat ini dirinya dan masyarakat terus menunggu respon pemerintah pusat dalam  mengembangkan potensi alam itu

Politisi Hanura itu terus mendesak pemerintah untuk melakukan langkah konkret terkait pengembangan potensi alam di wilayah Jeneponto. Dengan mengembangkan potensi alam itu, lanjut Mukhtar, diyakini mampu mensejahterakan rakyat Jeneponto dan sekitarnya.

“Semua data yang diperlukan untuk memulai eksplorasi dan eksploitasi kandungan minyak Blok Karaengta sudah disiapkan oleh Pemda setempat,mulai dari gubernur, bupati hingga masyarakat lokal ikut mendukung dalam rangka penyiapan data pendukung, tinggal pemerintahnya saja yang harus cepat merespon permintaan masyarakat hal tersebut,” jelas Mukhtar saat ditemui usai rapat kerja dengan menteri ESDM Sudirman Said, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/07/2016) kemarin.

Alumni HMI ini mendesak kepada pemerintah pusat agar segera mengambil langkah strategis dalam upaya mengeksplorasi dan eksploitasi kandungan minyak pada Blok Karaengta tersebut.

Gayung pun bersambut. Pada kesempatan yang sama juga disampaikan Dirjen Migas Wiratmaja Puja mengatakan, saat ini Blok Karaengta memang menjadi focus perhatian Kementerian ESDM terutama untuk internal Dirjen Migas. Waktu dekat ini, pihaknya di Dirjen Migas akan melakukan langkah konkrit untuk mengembangkan minyak yang ada di Blok Karaengta.

“Kami sedang menyiapkan semua data pendukung untuk melakukan kunjungan dan pantauan terkait potensi kandungan minyak di Jeneponto,” terang Wiratmaja pada TV Parlemen, Panji Prabowo. (Panji)

Facebook Comments