Alhamdulillah Sah! PLN Bela Rakyat, Daya Listrik ‘Si Miskin’ 450 VA Tak Jadi Dihapus

 Alhamdulillah Sah! PLN Bela Rakyat, Daya Listrik ‘Si Miskin’ 450 VA Tak Jadi Dihapus

NUNUKAN, 20/9. TAPAL BATAS SEBATIK INDONESIA-MALAYSIA_MATI LAMPU. Warga menggunakan penerang dari lilin akibat listrik PLN sering padam di Sebatik, Indonesia. FOTO SI/MAMAN SUKIRMAN

JAKARTA – Alhamdulillah. Patut disyukuri karena daya listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) 450 VA menjadi 900 VA tak jadi dihapus alias batal. Di mana wacana menaikan data listrik ‘si miskin’ itu  bakal terjadi waktu dekat tapi semua tidak terjadi. Alhamdulillah.

Padahal, beberapa hari belakangan ini santer diberikan daya listrik 450 VA milik ‘si miskin’ bakal dihapus dan diganti menjadi 900 VA semua. Sementara pemilik daya listrik 900 VA menjadi 1300 VA.

Namun, isu itu dijawab oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo pada keterangan tertulis yang diterima wartawan Lintas Parlemen, Sabtu (17/9/2022). Darmawan memastikan, tidak akan menghapus golongan pelanggan PLN dengan daya 450 VA.

Tak hanya itu, Darmawan juga membantah bahwa daya listrik 450 VA bakal ubah atau dinaikan menjadi 900 VA. Demawan menjamin tidak ada perubahan-perubahan tarif listrik diisukan waktu dekat ini.

“(Kita patut bersyukur karena) keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada sama sekali sebuah perubahan pada daya listrik 450 VA menjadi 900 VA. Kita di PLN telah siap menjalankan semua keputusan itu,” terang Darmawan.

Darmawan menjelaskan, pihak pemerintah bersama PLN sebagai pelaksana mandat ketenagalistrikan di dalam negeri tidak pernah sekalipun membahas persoalan tersebut. Apalagi lanjut, berdiskusi secara khusus membahas persoalan perubahan daya listrik yang biasa digunakan oleh masyarakat tersebut.

Secara tegas, ia mengungkapkan saat pihaknya Rapat dengan Rapat Panitia Kerja (Panja) Badan Anggaran (Banggar) DPR bersama Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan pada hari Senin (12/9/2022) lalu, juga tak pernah disinggung pada pembahasan formal terkait rencana mengalihkan daya listrik 450 VA menjadi 900 VA.

Bahkan, lanjutnya, pihaknya terus bekerja keras dengan berkoordinasi atau berkomunikasi kepada pemerintah agar masyarakat bisa terlindungi memperoleh listrik. Ia ingin seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati listrik hingga ke pelosok desa di saat ekonomi sedang sulit.

“Kita di PLN terus bekerja untuk memastikan agar pelayanan kelistrikan untuk rakyat di Tanah Air tetap baik, andal dan selalu optimal. Dengan itu tetap kita bisa menjaga daya beli masyarakat serta produktivitas pada masa pemulihan ekonomi saat ini di tengah terus meningkatnya harga komoditas energi dunia,” pungkar Darmawan.

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait