Amir Uskara Sampaikan DPR RI Dukung Akses Kredit untuk Dorong Pertumbuhan UMKM di Banten

 Amir Uskara Sampaikan DPR RI Dukung Akses Kredit untuk Dorong Pertumbuhan UMKM di Banten

TANGERANG – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara menegaskan DPR RI mendukung akses kredit ataupun pembiayaan dalam mendorong perkembangan dan pertumbuhan jumlah UMKM di Provinsi Banten khususnya Kota Tangerang, yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Hal itu disampaikan Amir saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) Komisi XI ke Kota Tangerang, Banten, guna meninjau UMKM binaan dari Bank Himbara untuk mengetahui lebih dekat perkembangan usaha dari UMKM.

“Sektor UMKM tidak hanya menjadi penyedia lapangan kerja yang signifikan, tetapi juga menjadi tulang punggung ekonomi rakyat. Oleh karena itu, pembinaan kepada UMKM melalui pengembangan kapasitas dan kemudahan akses pembiayaan menjadi suatu keharusan agar sektor ini dapat tumbuh dan semakin berkembang secara berkelanjutan,” jelas Amir dalam Kunsfik tersebut, di Tangerang, Banten, Rabu (31/1/2024) seperti dikutip situs DPR RI.

Politisi Fraksi PPP itu menambahkan peran OJK dan Himbara berperan penting dalam mengawal pelaksanaan pembangunan ekonomi di Provinsi Banten. “Khususnya, dalam mendukung pertumbuhan, perkembangan dan pendampingan UMKM dengan memberikan kemudahan dalam akses kredit maupun pembiayaan,” urainya.

Hadir pula dalam kesempatan itu Anggota Komisi XI DPR RI lainnya, yaitu Hidayatullah (Fraksi PKS), Sihar Sitorus (Fraksi PDI-Perjuangan), dan Marwan Cik Asan (Fraksi Partai Demokrat).

Turut pula hadir beberapa mitra Komisi XI, yaitu Agusman, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan; Perusahaan Modal Ventura, LKM, dan LJK Lainnya; Otoritas Jasa Keuangan, serta pejabat dan direksi dari HIMBARA provinsi Banten.

“Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI ini merupakan bentuk komitmen nyata dalam menjalankan tugas konstitusional untuk mendengarkan suara masyarakat, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi di kota tangerang, Provinsi Banten,” tutup Amir.

Berita Terkait