Ancaman Resesi! Elva Hartati: Sejatinya BPJS Ketenagakerjaan Berhati-hati Kelola Dana Rakyat

 Ancaman Resesi! Elva Hartati: Sejatinya BPJS Ketenagakerjaan Berhati-hati Kelola Dana Rakyat

JAKARTA – Komisi IX DPR RI mendesak Direksi BPJS Ketenagakerjaan (BPJS KT) untuk menjaga sejumlah dana investasi milik nasabah atau rakyat dengan menggunkaan prinsip kehati-hatian. Mengingat resiko investasi sedang menunggu karena adanya potensi terjadinya resesi ekonomi global 2023.

Itu menjadi salah satu kesimpulan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan BPJS KT dan Dewan Pengawas BPJS KT di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (15/11/2022) kemarin. Komisi IX DPR RI juga meminta BPJS TK menjamin pemenuhan kecukupan dana keamanan dana klaim kepesertaan program jaminan program BPJS Ketenagakerjaan.

“Langkah antisipasi apa yang sudah dilakukan bila situasi global semakin buruk dan berdampak pada perekonomian nasional,” kata Anggota Komisi IX DPR RI Elva Hartati yang mempertanyakan strategi antisipasi BPJS Ketenagakerjaan dalam menghadapi ancaman badai resesi ekonomi terhadap dana jaminan sosial pekerja.

Lebih Lanjut, Hartati juga meminta BPJS Ketenagakerjaan untuk mempertimbangkan hasil pemeriksaan BPK yang menyatakan pengelolaan investasi telah sesuai.

Namun dengan pengecualian diantaranya terkait tata kelola investasi BPJS belum sepenuhnya memadai dan pengembalian dana investasi dan dana jaminan sosial yang dinilai belum optimal.

“BPJS Ketenagakerjaan harus berhati-hati mengelola dana itu dengan mempertimbangkan hasil pemeriksaan BPK,” terang Hartati.

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.