Asian Games Momentum Tingkatkan Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

Asian Games Momentum Tingkatkan Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

SHARE
Anggota Komisi X DPR Putu Supadma Rudana

BALI – Anggota Komisi X Putu Supadma Rudana menyampaikan pesan bahwa perhelatan Asian Games merupakan momen penting dalam menggaungkan segala potensi Indonesia khususnya dalam bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh pihak, termasuk sektor swasta.

Potensi tersebut terlihat dari kehadiran atlet official dan juga spectators atau penonton lebih dari 170 ribu orang. PSR, sapaan akrabnya memandang momen ini sangat tepat dalam mengadakan berbagai kegiatan tambahan guna memberikan pengalaman tambahan bagi para pengunjung.

“Asian Games adalah momentum penting yang harus dimanfaatkan dalam menggaungkan semua potensi budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif. Parade-parade budaya perlu digelar sebagai momen dan kesempatan mempromosikan berbagai khasanah budaya nusnatara khususnya seni tradisi diberbagai sudut Jakarta bagi para penonton seluruh dunia juga mungkin para penonton lokal Indonesia,” tutur Putu dalam keterangan persnya kepada Media, Sabtu, (07/07/2018).

Karenanya, Politisi Partai Demokrat ini menegaskan dibutuhkan pemanfaatan ruang kerjasama dengan Pemda DKI Jakarta untuk menggelar berbagai event tambahan dan pendukung baik disekitar areal Sudirman, Thamrin dan Jalan Gerbang Pemuda. Selain itu perlu juga dibuat kegiatan tambahan di keramaian ibukota seperti TMII, Kemayoran, Ancol, Bandara hingga Monas.

“Sehingga segala potensi nusantara baik dalam bidang pariwisata dan sub sektor ekonomi kreatif dapat tergelar yang memang menghadirkan masyarakat sebagai pelakunya untuk memperoleh manfaat langsung dari Asian Games,” ungkap Putu.

Selain itu, Putu juga meminta Kemenpora dan INASGOC, selaku leading sector penyelenggaraan Asian Games ini untuk menyiapkan atau mengkoordinasikan konten bagi 5000 media asing untuk dapat mempromosikan berbagai destinasi kepariwsataaan juga potensi kearifan lokal.

“Pendekatan terhadap media ini penting agar media asing mampu mengulas semua potensi pariwisataan dan ekonomi kreatif di Indonesia. Sehingga ini mampu meningkatkan daya saing Indonesia dimata internasional. Sehingga semua dapat terkomunikasikan dengan baik dan maksimal,” jelas Politisi asal Bali ini.

Baca juga :   Politisi Golkar Ini Sesalkan Mendagri Lapor Presiden 'Kotak Kosong' Menang

Jika hal tersebut dapat dilakukan, PSR meyakini Asian Games jadi kesempatan Indonesia untuk hadir secara menyeluruh menjadi kekuatan di asia tenggara yang betul betul memiliki segala potensi yang baik menuju era yang gemilang kedepan.

“Dengan demikian catur sukses dapat terwujud yakni sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses prestasi dan sukses ekonomi,” tutup PSR. (cad)

Facebook Comments