Bahas Nasib Freeport, DPR Kumpulkan Pejabat Papua dan Menteri ESDM

Bahas Nasib Freeport, DPR Kumpulkan Pejabat Papua dan Menteri ESDM

BERBAGI

Jakarta, LintasParlemen.com-– Komisi VII DPR-RI hari ini, Selasa (9/2) menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said bersama Gubernur Papua, Bupati Mimika, Bupati Paniai, Bupati Intanjaya, dan pihak PT Freeport Indonesia.

Anggota DPR Komisi VII Fraksi PDIP Daerah Pemilihan (Dapil) Papua, Tony Wardoyo mengungkapkan, dalam rapat yang melibatkan pemerintah daerah dan instansi terkait, akan dibahasl persoalan terkait keberadaan PT Freeport di Papua dan pembagian saham yang khusus diminta oleh pemerintah daerah Papua.

“Selama ini kan yang muncul di publik adalah sekaitan dengan kewajiban divestasi 10,64 persen dan pembangunan Smelter oleh PT Freeport. Dalam rapat nanti kita akan bahas tentang pembagian saham Freeport-McMoRan kepada pemerintah propinsi dan pemerintah beberapa daerah di papua dalam bentuk Share Golden,” ungkap Tony, Selasa (9/2).

Tony menyebut, selama ini PT Freeport kurang memikirkan nasib dan hak-hak pemerintah daerah Papua. Padahal PT Freeport selama ini operasinya di Papua. Sehingga pembagian saham dalam bentuk Share Golden ini menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh Freeport-McMoRan.

Facebook Comments