Bamsoet Kembali Sumbang Perahu Karet Daerah Rawan Banjir Kramat Jati

Bamsoet Kembali Sumbang Perahu Karet Daerah Rawan Banjir Kramat Jati

SHARE

JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS) kembali memberikan bantuan sosial kepada warga DKI Jakarta untuk mengantisipasi datangnya musibah banjir. Penyerahan bantuan kali ini diberikan langsung oleh Ketua Umum Gerak BS Aroem Alzier dan Sekjen Gerak BS Ratu Dian untuk warga Kramat Jati, Jakarta Selatan. Bantuan diterima langsung Wakil Camat Kramat Jati, Sarjono, berupa 4 unit perahu karet, 4 pelampung dan helm pengaman, serta seperangkat sound system portable untuk mendukung pembelajaran di PAUD.

“Saya berharap perahu karet, pelampung dan helmnya kalau bisa tidak sampai terpakai, yang artinya musibah banjir jangan datang kembali. Walaupun demikian, kita tentu wajib waspada dan selalu siap dengan segala kemungkinan. Sambil berdoa dan berusaha, agar pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah pusat bisa segera melakukan pembenahan dan pembangunan infrastruktur untuk menanggulangi musibah banjir,” ujar Bamsoet di Jakarta, Rabu (5/2/20).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, setiap orang pasti tak ingin tertimpa musibah. Banjir yang datang menimpa warga DKI Jakarta hampir setiap tahunnya ini, semata bukan hanya karena curah hujan yang tinggi saja. Melainkan juga penanda bahwa ada yang salah dalam tata kelola lingkungan.

“Baik warga maupun pemerintah daerah dan pusat harus sama-sama mengevaluasi apakah selama ini tata kelola pembangunan dan aktivitas sosial warga sudah memperhatikan lingkungan, atau justru malah melawan alam. Karena jika pola pembangunan dan aktivitas sosial kita sudah bersahabat dengan alam, tak mungkin musibah seperti banjir bisa datang hampir setiap tahun. Kita tak boleh seperti orang yang jatuh ke lubang yang sama,” tandas Bamsoet.

Sementara itu, Wakil Camat Kramat Jati, Sarjono, berharap agar wilayah terdampak banjir Januari 2020 di Kramat Jati tak kembali merasakan penderitaan, mengingat berfungsinya saluran Banjir Kanal Timur (BKT). Mewakili warga, dirinya menerima berbagai bantuan tersebut sambil juga berdoa agar Bamsoet terus berpihak kepada rakyat.

“Wujud keberpihakan tersebut, salah satunya diwujudkan melalui aksi nyata seperti ini. Kami bangga sebagai rakyat,” tutur Sarjono. (dwi)

Facebook Comments