Bamsoet: Situasi Dunia Sudah Lampu Kuning

 Bamsoet: Situasi Dunia Sudah Lampu Kuning

JAKARTA – Semua pihak diingatkan untuk bersiap menghadapi kondisi dunia yang semakin tidak menentu pada 2023 mendatang.

Khususnya dalam menghadapi harga komoditas yang tinggi, normalisasi kebijakan moneter negara maju yang agresif, konflik Rusia-Ukraina serta kemungkinan terjadinya ketegangan baru di Taiwan.

“Situasi dunia telah masuk lampu kuning. Tapi tingkat risiko resesi Indonesia memang kecil, hanya 3 persen,” kata Bambang Soesatyo Ketua MPR RI kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Sebagai gambaran, terang Bamsoet, Amerika Serikat telah mencatat tingkat inflasi tahunan sebesar 9,1 persen pada Juni 2022, level tertinggi sejak 1980-an. Angka tersebut jauh di atas target inflasi di level 2 persen.

Bahkan, lanjut dia, menurut prediksi IMF dan World Bank, akan ada 66 negara yang ambruk ekonominya akibat perang dan krisis pangan.

“Kondisi dunia yang semakin dihadapi perubahan iklim juga turut memperluas kebijakan proteksionisme, terutama di sektor pangan dan energi,” ujarnya.

“Mengantisipasinya, kita harus segera mengintensifkan pertanian di dalam negeri sehingga tidak terlalu bergantung kepada impor,” pungkasnya.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait