Bapak “Email” Ray Tomlinson Meninggal Dunia

Bapak “Email” Ray Tomlinson Meninggal Dunia

SHARE

Jakarta, LintasParlemen.com-Anda pengguna surat elektronik atau email ! Namun tahukah Anda siapa yang menciptakan ide awal email yang digunakan jutaan orang. Ia adalah Ray Tomlinson yang baru saja meninggal dunia pada usia 74 tahun, Sabtu (5/3) pagi.

Pada tahun 1971, Tomlinson berhasil menemukan sebuah program untuk ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang memungkinkan pengguna bisa saling berkirim pesan ke komputer lainnya meski tidak dalam satu server yang sama.

Sebelumnya, hanya komputer yang masih dalam server yang sama yang bisa saling berkirim pesan. Di situlah cikal bakal email mulai populer di berbagai dunia.

ARPANET sendiri merupakan jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari departemen pertahanan di Amerika Serikat pada tahun 1969.

Sebelum adanya jaringan internet, ARPANET digunakan sebagai sarana percobaan untuk teknologi jaringan komputer. Proyek ini pun berhasil menelurkan TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) yang kini menjadi protokol standar untuk jaringan internet.

Ray Tomlinson tak hanya dikenal sebagai pelopor surat elektronik saja, tapi juga memilih simbol ‘@’ sebagai pembeda alamat email. Tomlinson memilih simbol @ untuk menghubungkan nama pengguna dengan alamat tujuan. Kini, simbol tersebut sudah menjadi bagian dari bahasa komunikasi internasional.

Seiring berjalannya waktu, email mulai menjadi sebuah hal yang lumrah. Ketika itu, Tomlinson pun mulai menerima pengakuan dunia atas prestasinya.

Pada tahun 2000, ia menerima penghargaan George R. Stibitz Computer Pioneer Award dari American Computer Museum. Dan terus berlanjut dengan penghargaan lainnya seperti Webby Award dari International Academy of Digital Arts and Science, Innovation Award dari majalah Discover, dan Eduard-Rhein Cultural Award.

(ALK)

Facebook Comments
Baca juga :   Ketua DPR Sangat Prihatin Masih Maraknya Peredaran Narkoba di Indonesia