Bawaslu: Jangan Demonstrasi Bila Ada Sengketa Pemilu

 Bawaslu: Jangan Demonstrasi Bila Ada Sengketa Pemilu

Logo Bawaslu RI terbaru

JAKARTA – Badan pengawas pemilu atau biasa disingkat Bawaslu berharap bila terdapat sengketa pemilihan umum disingkat Pemilu 2024 mendatang bisa diselesaikan dengan bijak.

Tidak perlu sampai melakukan mengerahkan massa sampai bisa merugikan banyak pihak. Sebab, peran Bawaslu adalah mediasi bagi yang merasa dirugikan atas keputusan Pemilu.

“Jadi langsung ke Bawaslu laporkan bila ada kejadian tidak sesuai aturan,” kata Totok Hariyono Anggota Bawaslu kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Lebih jauh, Totok mengaku, pihaknya siap melakukan ajudikasi bila pelapor membawa bukti lengkap terkait kecurangan yang terjadi. Karena pemilihan umum menentukan kualitas calon pemimpin.

Sehingga, terang dia, perlu disukseskan dengan perbuatan-perbuatan yang positif dan tidak melanggar aturan. Apalagi Undang-Undang telah mengamanatkan badan pengawas pemilu.

“Jadi kita ini sebagai solusi. Tidak perlu ada demonstrasi,” ujarnya.

“Kita siap jadi mitra partai politik dan masyarakat karena itu perintah UU yang harus dijalankan. Kita juga ada cara mufakat dalam menyelesaikan masalah,” tukasnya.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait