Beragam Cara Sodik Mudjahid Serap Aspirasi Rakyat

 Beragam Cara Sodik Mudjahid Serap Aspirasi Rakyat

BANDUNG – Anggota Badan Pengkajian MPR RI Sodik Mudjahid beragam cara agar bisa menyerap aspirasi masyarakat. Sodik kerap datang langsung ke tengah masyarakat menanyakan perihal personal terkait kondisi kekinian yang dihadapinya.

Bahkan, kadang Sodik mengunjungi masyarakat langsung layaknya masyarakat biasa tanpa ditemani ajudan atau staf. Baginya, kunjungan tanpa sekat jauh lebih nyaman menyerap aspirasi masyarakat secara detail.

Kali ini, Sodik yang juga politisi asal Partai Gerindra Dapil Jawa Barat I ini bersilaturahmi dengan para pengurus dan Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Bandung Jawa Barat yang diwakili 120 orang perwakilan. Acara itu digelar di Gedung SMA Darul Hikam, Jalan Supratman, Bandung, Sabtu (29/10/2022) kemarin.

“Kegiatan silaturahmi ini bertujuan menampung sejumlah kritik termasuk saran dari pengurus DKM terkait tugas saya sebagai wakil rakyat mereka,” terang Sodik usai acara tersebut.

Sodik yang saat ini duduk di Komisi X DPR RI ini menjelaskan, kegiatan tanya jawab menjadi solusi mengetahui persoalan yang ada di tengah masyarakat. Dari sesi tanya jawab itu telah tercipta rasa lebih dekat.

Bagi Sodik, berkomunikasi langsung dengan rajyat mampu meraih solusi untuk perbaikan kondisi rakyat bke depannya. Alasan itu, ia lebih nyaman pola populis menyerap aspirasi rakyat.

“Kami bersama tim, kadang menerima masukan masyarakat berbagai persoalan dengan tanya jawab. Apa yang kurang jelas dari apa yang disampaikan rakyat bisa kami berikan sebuah solusi yang terbaik,” terang Sodik.

Saat ditanya pola komunikasi dengan rakyat lebih berbeda? Ia menjawab, sudah kebiasaan dirinya melakukan silaturahmi dengan rakyat dengan pola kunjungan.

“Kami berharap dengan menampung masukan dari masyarakat seperti silaturahmi ini, saya sebagai wakil rakyat merasa betul-betul terjalin komunikasi dua arah untuk menyatukan antara rakyat dengan kami wakil rakyat. Kami jalani tujuh kali pertemuan untuk menyerap aspirasi rakyat,” terang.

Sodik mengungkapkan, padatnya agenda rapat Komisi X DPR RI bersama mitra kerja di Senayan, Jakarta sama padatnya acara di Bandung bertemu konstituen. Bertemu langsung bersama rakyat tak mengenal masa reses.

Usai selesai acara Jakarta, Sodik langsung temui warga di Dapil I Jawa Barat yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Khususnya, Sabtu Minggu Sodik lebih banyak serap aspirasi di Kota Bandung dan Kota Cimahi.

“Saya bersama tim, seimbang dalam menghabiskan waktu di (Dapil) Bandung dan di Jakarta. Biasanya di Bandung bertemu masyarakat, saya suka menerima atau berkunjung bersama tim apa yang bisa kami perjuangan nantinya di Jakarta dalam rapat di DPR/MPR RI,” pungkas Sodik.

Laporan: Andi Lubis

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait