Berikut Daftar Bacaleg yang Terpidana Korupsi

Berikut Daftar Bacaleg yang Terpidana Korupsi

SHARE

JAKARTA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah merilis 199 mantan narapidana kasus korupsi yang terdaftar sebagai bakal caleg DPRD tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. Mereka didaftarkan partai politik masing-masing untuk berkontestasi pada pemilu legislatif 219.

Dari 199 itu rinciannya, yakni 30 eks napi korupsi yang terdaftar sebagai bakal caleg DPRD di 11 provinsi, 148 eks napi korupsi terdaftar sebagai bakal caleg DPRD di 93 kabupaten, dan 21 eks napi korupsi terdaftar sebagai bakal caleg DPRD di 12 kota.

“Sejauh ini (jumlah tersebut) penelusuran hasil pengawasan yang masih divalidasi dan dipastikan,” ujar Anggota Bawaslu Mochammad Afifudin, Rabu (25/7).

Dari dokumen rekapitulasi bakal caleg eks napi korupsi yang diterima wartawanBawaslu tidak membeberkan nama-nama serta partai politik pengusung 199 eks koruptor sebagai bakal caleg tersebut. Bawaslu hanya merinci persebaran di mana eks napi korupsi didaftarkan.

Eks napi korupsi yang terdaftar sebagai bakal caleg DPRD provinsi terbanyak berada di Jambi, yakni 9 orang. Berturut-turut, Bengkulu (4), Sulawesi Tenggara (3), Kepulauan Riau (3), Riau (2), Banten (2), Jawa Tengah (2), NTT (2), DKI Jakarta (1), Kalimantan Selatan (1), dan Sulawesi Utara (1).

Mau tahu selengkapnya? Klik di bawah untuk melihat daftarnya:

Rekapitulasi Balon Terpidana Korupsi-1

Facebook Comments
Baca juga :   'Ada 560 Anggota DPR, Mayoritas Mutlak Tak Ingin Lemahkan KPK Kembali ke Individu...'