Bersatu untuk Palestina: Doa dan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

 Bersatu untuk Palestina: Doa dan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

JAKARTA – Sekjen DPP PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi seolah menjawab pertanyaan publik kenapa harus peduli bahkan memberi bantuan serta doa kemerdekaan untuk Palestina. Habib menyebutkan, Indonesia wajib mendukung Palestina sebagai dengan tiga alasan.

“Saudaraku sebangsa dan setanah air, kenapa berbagai lapisan masyarakat di berbagai daerah terus mengaungkan solidaritas untuk palestina ?,” kata Habib Aboe usai menghadiri acara Bersatu untuk Palestina, Doa dan Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina yang disiarkan TvOne, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Pada kesempatan itu, dihadiri pula oleh Mantan Wakil Presiden Jusaf Kalla, Pemimpin Redaksi TvOne Karni Ilyas, KH Cholil Nafis, Romo Frans Magnis Suseno dan

“Karena menggalang solidaritas untuk palestina bagi bangsa Indonesia, ini memiliki tiga makna,” ujar Habib Aboe.

Pertama, lanjut Habib Aboe, kemerdekaan palestina adalah hutang sejarah. Karena dari 29 negara peserta Konfrensi Asia Afrika (KAA) sisa/hanya tinggal Palestina saja yang masih dijajah.

“Hampir enampuluh tahun dari KAA, namun Palestina belum bisa merasakan kemerdekaannya. Padahal KAA adakah spirit bersama untuk menghilangkan penjajahan,” terang Habib Aboe.

Adapun alasan kedua Palestina harus didukung oleh seluruh rakyat Indonesia. Yakni, terang Anggota Komisi III DPR RI asal Dapil Kalimantan Selatan I ini karena mendukung kemerdekaan Palestina merupakan mandat konstitusi.

“Dimana kemerdekaan Palestina merupakan tuntutan konstitusi Indonesia yang menyatakan bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan,” jelas Habib Aboe.

“Ketiga, solidaritas Palestina ini adalah tugas Kemanusiaan. Selama 49 hari agresi ini, setidaknya 15 ribu orang syahid dan 41 ribu rumah hancur. Belum lagi rumah sakita dan tenaga medis,” sambungnya.

“Oleh karenanya, apa yang kita kerjakan adalah bagian dari tugas kemanusiaan. Tidak perlu jadi orang palestina untuk merasakan pedihnya duka mereka. Cukup menjadi manusia saja, kita akan bisa merasakan sakit dan ngilunya penderitaan wqrga palestina.”

Seperti biasanya, Habib Aboe sampaikan pantun cakep:

Pergi ke sekolah pakailah sepatu
Sepatu putih jangan kena tinta
Mari kita semua terus berdatu
Galang kepedulian untun Palestina

Berita Terkait