Brebes dan Purbalingga Dilanda Longsor, Ketua DPR Minta Kemensos Segera Kucurkan Bantuan

Brebes dan Purbalingga Dilanda Longsor, Ketua DPR Minta Kemensos Segera Kucurkan Bantuan

SHARE
Ketua DPR RI yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI

JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo menyampaikan rasa dukacita mendalam bagi para korban bencana alam tanah longsor di dua kabupaten di Jawa Tengah. Dia mengharapkan para korban bisa segera ditangani sebaik mungkin.

Longsor di Desa Pasir Panjang, Brebes, Jawa Tengah mengakibatkan lima orang meninggal, 14 orang luka-luka serta 18 orang hilang. Sedangkan bencana serupa di Kecamatan Karang Jambu, Kabupaten Purbalingga mengakibatkan empat warga meninggal dan enam orang luka-luka.

“Kami menyampaikan rasa dukacita yang mendalam bagi para korban bencana dan keluarga mereka,” ujar Bamsoet -panggilan akrab Bambang- melalui pesan singkat ke media, Jumat (23/2).

Selanjutnya, legislator Partai Golkar itu meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tim SAR lebih mengintensifkan pencarian korban serta memastikan jumlahnya. Bamsoet juga mengaharapkan para korban bisa segera memperoleh bantuan.

“Pimpinan DPR meminta Komisi VIII DPR mendorong Kementerian Sosial untuk segera memberikan bantuan bagi warga yang terkena musibah,” tuturnya.

Hal yang tak kalah penting dalam penanganan pasca-bencana adalah mencari solusi bagi warga yang kehilangan tempat tinggal. “Pemerintah daerah harus segera mencari solusi bagi warga yang kehilangan tempat tinggal dan lahan milik mereka serta merelokasi warga yang terdampak longsor,” cetusnya.

Sedangkan dalam rangka mencegah adanya korban, Bamsoet meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)
untuk lebih gencar memberikan laporan kondisi cuaca. “Sekaligus senagai antisipasi kemungkinan terjadinya bencana kepada masyarakat luas,” pungkas anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII itu. (MM)

 

Facebook Comments
Baca juga :   Agus Lantik IKA SMANSA Makassar, Langkah BAGUS Makin Terdepan