Buah dari Ketaatan Selalu Berujung pada Kebaikan

Buah dari Ketaatan Selalu Berujung pada Kebaikan

SHARE

SOLOK –¬†Ibadah Qurban adalah satu ritualitas agama yang dimensi sosialnya sangat kental. Dengan berqurban, seorang muslim merasakan dirinya dekat dengan Allah SWT dan dekat dengan sesamanya.

Anggota DPR RI Hermanto menyampaikan hal tersebut dalam khutbah Iedul Adha di Masjid Hudalil Muttaqin, Pekonina Blok Nol, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, Ahad (11/8/2019).

“Walaupun ibadah ini hanya dilakukan sekali dalam setahun, namun semangat dan kebiasaannya haruslah senantiasa dipelihara,,” ujarnya.

Sikap ingin selalu dekat dengan Allah SWT, lanjutnya, seharusnya dipelihara dengan mendayagunakan seluruh potensi diri dalam menunaikan ibadah-ibadah mahdhah secara sempurna.

“Demikian juga dengan sikap ingin dekat dengan sesama manusia, seharusnya dijaga pula dengan memaksimalkan ibadah-ibadah sosial,” papar legislator dari Fraksi PKS ini.

“Jika seorang muslim mampu menjaga hubungan baiknya dengan Allah SWT dan juga sesama manusia, insya Allah kehinaan dalam kehidupan ini pasti akan tersingkir jauh,” tandasnya.

Lebih jauh Hermanto mengungkapkan, istilah Qurban sudah dikenal sejak masa Nabi Adam. Dua putra Nabi Adam yaitu Habil dan Qabil diperintahkan untuk berqurban kepada Allah SWT. Namun yang memenuhi tuntunan ibadah Qurban secara benar hanya Habil. Adapun Qabil juga melaksanakan qurban, namun tidak sesuai dengan yang diperintahkan.

“Qurban oleh Habil diterima, sedangkan qurban oleh Qabil ditolak. Demikianlah, Allah SWT hanya menerima qurban dari orang-orang yang bertaqwa,” tutur Hermanto.

Istilah Qurban kemudian dipertegas sebagai sebuah sembelihan pada masa Nabi Ibrahim. Dalam mimpinya, Nabi Ibrahim diperintah Allah SWT untuk menyembelih putra kesayangan satu-satunya saat itu yaitu Ismail.

Dua manusia pilihan itu menjalankan perintah Allah SWT dengan patuh dan sabar. Di saat leher Ismail telah siap untuk disembelih, seketika itu Allah SWT menggantinya dengan seekor domba besar.

“Buah dari ketaatan kepada Allah SWT selalu berujung pada kebaikan,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar 1 ini.

Facebook Comments