Cagub DKI dari Gerindra, Bang ‘Uci’ Harap Kehadiran RMB Eksiskan Budaya Betawi

Cagub DKI dari Gerindra, Bang ‘Uci’ Harap Kehadiran RMB Eksiskan Budaya Betawi

BERBAGI

Jakarta, LintasParlemen.com— Kader muda Partai Gerindra yang juga ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, M Sanusi mengungkapkan harapannya kepada Rumpun Masyarakat Betawi (RMB) untuk terus melestarikan dan menjaga nilai-nilai luhur dan sejarah masyarakat Betawi.

Bang Uci, sapaan akrab Sanusi berharap , sebagai Keluarga Besar masyarakat betawi di bawah naungan RMB, dirinya berharap kedepannya ada tindakan kongkrit yang bisa dilakukan oleh RMB.

“Saya harap kehadiran kita pada hari ini tidak hanya sekedar bersilaturahmi. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini jangan sampai hanya sekedar kita jadikan sebagai acara seremonial belaka tanpa ada tindak lanjut yang lebih kongkrit dalam rangka kepedulian kita pada agenda kepedulian dan pelestarian Kesenian serta Kebudayaan Betawi.” papar Sanusi dalam sambutannya di acara pelantikan pengurus DPP RMB di Balai Rakyat Condet, Jakarta Timur, Minggu (20/3/2016).

Bang Uci berharap, semoga kegiatan pelantikan tersebut dapat mempererat hubungan emosional diantara kita dalam rangka menyatukan tekad untuk mendukung kebudayaan Betawi tetap eksis.Menurutnya, warga Betawi harus berani tampil di hadapan warga Jakarta yang hampir mayoritas berasal dari berbagai suku bangsa.

“Saya akan memfasilitasi dengan menyediakan tempat untuk tampilnya pagelaran kesenian dan kebudayaan Betawi di Mall Thamrin City. kita buktikan pada mereka bahwa Betawi adalah bagian dari suku bangsa yang tetap memiliki warisan kebudayaan yang tidak kalah menarik dengan jenis kebudayaan dari suku dan bangsa lain,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kepedulian dari semua pihak mulai para warga Betawi, tokoh masyarakat Betawi, komunitas Betawi serta dukungan dari Pemerintah Daerah juga tetap menjadi harapan dari para warga Betawi.

Bang Uci yang juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk maju sebagai calon Gubernur DKI mendatang juga menyampaikan pesan partisipasi politik terkait suksesi kepemimpinan di DKI Jakarta. Menurutnya, jika ada anak Betawi yang memiliki kemampuan dan dinilai layak untuk maju dalam kontestasi Pilkada di DKI Jakarta. tentunya hal itu menjadi layak dipertimbangkan dan di dukung oleh segenap keluarga besar warga Betawi.

“Yang penting, partisipasi kita dalam politik harus tetap menjaga kepribadian yang santun, jujur dan sportif . warga betawi sudah melek politik dan siap mnyukseskan sistem perpolitikan yang sesuai dengan UU yang berlaku,” ucapnya.

Dengan tampilnya figur calon pemimpin yang berasal suku Betawi , akan menjadi catatan sejarah bagi warga betawi bahwa warga Betawi tidak hanya siap menjadi penonton, tapi juga siap tampil untuk bersaing dengan para calon pemimpin lainnya.

“Selain siap tampil kita juga harus siap untuk memenangkan pertandingan, candaan Betawi bilang Gue anak Betawi, seri aja guwe ogah apalagi kalah,” tambahnya dengan nada sumringah.

Dalam acara pelantikan pengurus DPP RMB ini, bang Uci juga didaulat menjadi salah satu dewan pembina RMB. Setelah di daulat dengan penyematan kain Betawi oleh ketua RMB, bang Sanusi langsung bergegas pamit karena harus menghadiri undangan pelantikan Pengurus Kesatuan Mahasiswa Bima Jakarta, yang diadakan di Aula Gallery 68 Sekretariat MSC, Jalan Raya Tengah Condet, Jakarta Timur. Dalam acara tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat Bima Prof DR Farouk Mohamad yang juga Wakil Ketua DPD RI.(Rls)

Facebook Comments