‘Demokrasi Berkualitas jika Seluruh Elemen Bangsa Jalin Sinergitas dengan Bawaslu Awasi Pemilu’

 ‘Demokrasi Berkualitas jika Seluruh Elemen Bangsa Jalin Sinergitas dengan Bawaslu Awasi Pemilu’

JAKARTA – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pada Pemilu Serentak Tahun 2024.

Bawaslu DKI Jakarta mengajak seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi mengawasi pelanggaran di tiap tahapan pemilu. Tujuannya, pelanggaran pemilu 2019 lalu terjadi di tahun 2024 dengan melakukan sejumlah langkah pencegahan.

Ketua Bawaslu DKI Jakarta Munandar Nugraha menginformasikan dan menghimbau agar lembaga pemantau Pemilu serta organisasi kemahasiswaan, kepemudaan dan kemasyarakatan untuk turut berpartisipasi serta mendaftarkan diri menjadi pemantau Pemilu 2024.

“Kami sangat membuka diri kepada sahabat-sahabat pemantau Pemilu untuk menjalin sinergitas dengan Bawaslu DKI Jakarta agar kualitas demokrasi Indonesia semakin baik,” ujar Munandar Nugraha di Hotel Sunlake, Jakarta Utara (5/11/22).

Munandar pun menambahkan, bantuan partisipatif dari mahasiswa, pemuda, serta lembaga pemantau Pemilu, pihaknya merasa terbantu dalam melakukan pengawasan di lapangan.

Selain itu, Siti Khofifah selaku mantan anggota Bawaslu DKI Jakarta memberikan pemaparan bahwa pengawasan merupakan aktivitas untuk memastikan proses tahapan-tahapan Pemilu dengan cara mengumpulkan data, informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan pemilu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat atau organisasi yang independen dan non partisan.

“Anak mudah harus terlibat pada proses pengawasan partisipatif karena dengan pengawasan partisipatif ini membuat demokrasi lebih berkualitas dan hanya begitu pemilu kita berjalan jujur dan adil,” kata Siti.

Kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner dan pejabat fungsional Bawaslu DKI Jakarta, perwakilan organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, dan kemahasiswaan, utusan Perguruan Tinggi di wilayah DKI Jakarta, dan sejumlah media.

Sosialisasi ini berlangsung dari tanggal 5-6 November 2022 di Hotel Sunlake, Jakarta Utara. Banyak dipelajari dari para peserta dari kaum milenial. Ia berharap, agar Pemilu 2024 berjalan jujur dan adil.

“Kita bersyukur diundang hadir pada kesempatan ini, kita banyak belajar. Selain itu, pemahaman kita membuat para pemuda perlu terlibat aktif agar pelanggaran bisa dikurangi,” kata seorang pimpinan mahasiswa di Jakarta yang tidak mau disebut namanya.

Laporan: Sanjaya

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait