Demokrat Minta Kapolri Bertindak Tegas Dugaan Oknum Polisi Jadi Beking Penambang Ilegal

 Demokrat Minta Kapolri Bertindak Tegas Dugaan Oknum Polisi Jadi Beking Penambang Ilegal

JAKARTA – Politisi Partai Demokrat Sartono Hutomo meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan tindak tegas soal adanya dugaan oknum pejabat Polri yang menjadi beking penambangan ilegal yang belakangan ini ramai diberitakan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebuah potongan video yang viral yang mengaku bernama Ismail Bolong yang mengaku memberikan uang kepada Kabareskrim Polri untuk mempermulus kegiatan tambang ilegal di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Saya memandang bahwa pelanggaran hukum merupakan ranah hukum yang harus ditegakkan. Negara ini menjunjung tinggi rule of law, apabila memang terjadi pelanggaran. Polri sebagai lembaga penegak hukum harus memproses pelanggaran tersebut bukan untuk mempermudah,” ujar Sartono pada wartawan, Kamis (10/11/2022).

Politisi asal Dapil Jawa Timur Sartono mengungkapkan, praktik tambang ilegal itu sangat merugikan keuangan negara. Termasuk dampak kerusakan lingkungan yang dihasilkan dari aktivitas illegal tersebut. Sehingga, dengan adanya oknum kepolisian yang membekingi aktivitas penambangan ilegal tidak sesuai dengan marwah Polri dan malah akan memperburuk citra Korps Bhayangkara.

“Seharusnya Kepolisian itu menertibkan adanya penambangan ilegal, bukan malah membekingi, karenanya jika hal ini benar terjadi sungguh miris sekali. Dimana mafia tambang malah dilindungi oleh para penegak hukum,” ungkap Politisi Fraksi Partai Demokrat ini.

Sartono juga meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk lebih agresif lagi dalam melakukan pengawasan pertambangan ilegal, dengan menerapkan good mining practice yang jadi tupoksi dari inspektur tambang.

“Hal itu agar pertambangan yang ada di Indonesia lebih sehat dan bebas dari aktivitas ilegal,” tutupnya.

Editor: Harsono

 

Digiqole ad

Berita Terkait