Desa Wisata Cikalahang Cirebon Punya Potensi Besar, Kades Minta Dukungan Pemerintah dan Swasta

CICERON – Desa wisata adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Demikian yang ada di desa wisata Cikalahang, Cirebon, Jawa Barat dalam bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung.

Sebagai informasi, Provinsi Jawa Barat memilik banyak potensi wisata yang tersebar luas di banyak desa dan salah satunya dalah Desa Cikalahang, Kabupaten Cirebon. Selain kekayaan kuliner yang dapat memanjakan lidah para wisatawan, Desa Cikalahang juga memiliki kekayaan alam yang dapat dijadikan sumber wisata.

“Desa wisata disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku,” Kepala Desa Cikalahang Oom Komarudin pada wartawan Lintas Parlemen, Cirebon, Selasa (27/9/2022).

“Potensi wisata lokal yang ada di desa memang akhir-akhir ini sangat diminati oleh wisatawan yang rindu pada alam terbuka, interaksi dengan lingkungan, dan masyarakat lokal,” sambung Oom.

Namun,  patut disayangkan, menurut Oom dengan sumber kekayaan yang dimiliki oleh Desa Cikalahang belum banyak dimanfaatkan sebagai pendongkrak ekonomi.

Oom mengatakan, desa memiliki banyak potensi yang masih belum dimanfaatkan atau belum diolah secara baik, terutama pada sektor wisata. Setiap desa memiliki potensi yang kadang masyarakat sekitarnya sendiri pun belum melihat potensi tersebut.

“Setiap desa memiliki potensi yang kadang masyarakat sekitarnya sendiri pun belum melihat potensi tersebut,” kata Oom Komarudin kepada wartawan, Senin (26/9/2022).

Selain itu, lanjut dia, pengelolaan potensi wisata pedesaan merupakan hal utama untuk menuju desa wisata. Pihaknya berharap adanya dukungan dari pemerintah atau bahkan pihak swasta untuk bersama-sama berkontrbusi mengelola potensi Desa sebagai destinasi wisata.

“Jadi menurut kami, yang paling penting adalah dukungan serta pengelolaan yang maksimal dalam meningkatkan ekonomi desa,” kata Oom.

Dia menjelaskan, untuk menjadi desa wisata harus memiliki produk pariwisata atau yang disebut dengan destinasi wisata.

“Destinasi berkaitan dengan sebuah tempat atau wilayah yang memiliki sebuah keunggulan atau ciri khas untuk menarik wisatawan,” pungkasnya.

Ingin melihat keindahan Destinasi Wisata di Desa Cikalahang nonton dengan klik di LintasTV

Laporan: Zieko

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait