Dibacakan Sekjen PKS, Ini Tiga Isi Deklarasi Pemilu Damai 2024

 Dibacakan Sekjen PKS, Ini Tiga Isi Deklarasi Pemilu Damai 2024

JAKARTA – Kampanye sudah dimulai besok, Selasa (28/11/2023) membuat 18 partai politik (parpol) nasional dan 3 pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), menandatangani Deklarasi Pemilu Damai 2024.

Sehingga momentum itu dimanfaatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), di Grand Sahid Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Deklarasi kampanye damai tertib dan taat hukum peserta Pemilu tahun 2024 dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi.

Di mana Habib Aboe pada kesempatan itu endapatkan kesempatan untuk membacakan Deklarasi Kampanye Damai, Tertib, dan Taat Hukum Peserta Pemilu tahun 2024.

Hadir mendampingi Habib Aboe yaitu Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKS Zainudin Paru beserta Tim Hukum DPP PKS.

“Kita, masing-masing partai politik menjaga keamanan dan kedamaian pemilu,” kata Habib Aboe usai acara.

Setelah itu, perwakilan pimpinan 18 parpol yang hadir bergantian menandatangani Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dibuat Bawaslu.

Kemudian, 3 pasangan capres-cawapres hadir lengkap ikut menandatangani Deklarasi Pemilu Damai 2024. Yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Berikut isi Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang jadi komitmen 18 parpol nasional dan 3 pasangan capres-cawapres yang dibacakan Habib Aboe:

Kami peserta Pemilu tahun 2024 mendeklarasikan diri berkomitmen untuk:

1. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, menghormati keberagaman, serta mewujudkan suasana aman, tertib, dan damai selama penyelenggaraan pemilu.

2. Melaksanakan kampanye pemilu dengan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain tidak melibatkan pihak yang dilarang selama masa kampanye pemilu.

3. Tidak melakukan politisasi SARA, menyebarkan hoax, ujaran kebencian, dan perbuatan politik uang selama penyelenggaraan pemilu.

4. Tidak memanfaatkan tempat ibadah dalam melaksanakan kampanye.

Bunyi Isi Deklarasi Pemilu Damai 2024 dikutip dari Tiktok Habib Aboe:

https://vt.tiktok.com/ZSN98K5nu/

Berita Terkait