Dipimpin Bamsoet: DPR Saat Ini Tak Sekedar Terbuka tapi Sudah Buka-bukaan

Dipimpin Bamsoet: DPR Saat Ini Tak Sekedar Terbuka tapi Sudah Buka-bukaan

SHARE

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berterimakasih atas apresiasi yang diberikan kepadanya sebagai Parliament of The Year dalam ajang Teropong Parlemen Award 2019 yang diselenggarakan oleh Teropong Senayan News.com Kamis malam, di Jakarta (07/03/19). Sehari sebelumnya, Rabu (06/03/19), Politisi Partai Golkar ini juga dianugerahi Best Parliamentarians 2019 oleh Obsession Media Group.

“Terus terang saya tak menyangka. Dua malam berturut-turut mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Apresiasi yang saya terima, selain untuk diri pribadi, juga menjadi kebanggaan bagi institusi tempat saya mengabdi saat ini, yakni DPR RI,” ujar Bamsoet di Jakarta, Senin (10/03/19).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menuturkan, membenahi DPR RI tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi dalam waktu yang relatif sangat singkat. Juga tidak bisa dilakukan seorang diri, karena dirinya hanyalah bagian kecil dari spektrum keparlemenan. Butuh kerjasama, komitmen dan kerja keras semua anggota DPR RI yang juga harus didukung oleh para staf dan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI.

“Mudah-mudahan dengan berbagai apresiasi yang kami terima itu, kolega sesama anggota DPR RI maupun PNS di Setjen DPR RI bisa terpacu lagi semangatnya. Jika selama ini DPR RI terkesan hanya banyak menerima kritikan, kini ada juga yang memberikan penghargaan. Ini artinya rakyat sudah bijaksana dalam memberikan penilaian,” terang Bamsoet.

Kedua penghargaan yang diterima Kepala Badan Bela Negara FKPPI yang juga wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia itu, dalam dua malam berturut-turut ini melengkapi berbagai penghargaan lain yang telah diterima dirinya sejak menjabat Ketua DPR RI di awal tahun 2018. Antara lain The Best and The Next Legislator Award 2019 dari Harian Suara Merdeka dan PWI Jawa Tengah, 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik 2018 dari Polaris Data and Story Lab, Anugerah Pers Jawa Tengah 2018 dari Suara Merdeka Network dan PWI Jawa Tengah, Best Communicators 2018 dari majalah PR Indonesia, dan Golden Democracy Award 2018 dari Rakyat Merdeka Online.

Baca juga :   'Berstatus Saksi Kunci, Johanes Harusnya Dapat Perlindungan Maksimal'

“Insya Allah berbagai apresiasi dan penghargaan itu menjadi dorongan untuk menuntaskan berbagai pekerjaan rumah yang ada. Baik sebagai Ketua DPR RI dalam mewujudkan DPR RI menjadi parlemen modern, maupun tugas kedewanan kepada konstituen di daerah pemilihan VII Jawa Tengah,” urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, menjelang akhir masa bakti 2014-2019, dirinya sudah menguatkan pondasi DPR RI menuju parlemen modern. Antara lain dengan peluncuran aplikasi DPR NOW yang bisa di download di smartphone semua orang dan memudahkan rakyat memantau kinerja para anggota dewan, pembuatan Pusat Informasi dan Penyiaran Parlemen, sampai dengan menghadirkan Sistem Data dan Informasi Penelitian (SDIP) DPR RI.

“Mewujudkan DPR RI sebagai parlemen terbuka dan modern merupakan suatu keharusan. Saat ini, semua persidangan di DPR RI bisa disaksikan secara real time oleh rakyat melalui aplikasi DPR NOW melalui program DPR Dalam Genggaman Rakyat atau dengan datang langsung ke Pusat Informasi dan Penyiaran Parlemen. Jika membutuhkan bahan kajian atau riset, bisa mengunjungi Sistem Data dan Informasi Penelitian. DPR RI saat ini bukan hanya sekadar terbuka, namun sudah buka-bukaan,” pungkas Bamsoet. (dwi)

Facebook Comments