DPP KNPI Minta Pemerintah Dukung Rakyat Gunakan Energi Solar Cell

DPP KNPI Minta Pemerintah Dukung Rakyat Gunakan Energi Solar Cell

SHARE
Ketua DPP KNPI Bidang ESFM Farida Farichah

JAKARTA – Ketua DPP KNPI Bidang ESDM Farida Farichah menilai padamnya listrik secara massal di sejumlah wilayah Indonesia sejatinya menjadi pembelajaran bagi pemerintah untuk menggunakan solarcell. Bagi Farida, solarcell solusi tepat bagi Indonesia saat ini.

“Agar di masa mendatang masyarakat kita tidak lagi ketergantungan dengan monopoli listrik PLN kita berharap pemerintah lebih serius dan lebih gencar lagi mendorong masyarakat untuk menggunakan solarcell,” kata Farida pada wartawan, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Untuk diketahui, Solar cell adalh pembangkit listrik yang prinsip kerjanya mengkorversi sinar matahari menjadi arus listrik. Solar cell atau panel surya ini belum banyak dimanfaatkan karena memiliki efisiensi yang rendah. Jika dibandingkan dengan sumber energi yang lain, solar cell atau sel surya ini membutuhkan biaya awal yang sangat besar. Namun  dengan perkembangan teknologi bisa mengubah solar cell menjadi salah satu sumber energi yang bakal digemari di kemudian hari.

“Di semua negara sedang berlomba untuk mempercepat penggunaan pembangkit listrik tenaga Surya karena ini sumber energi yang paling ramah dan tidak merusak lingkungan. Apalagi negara kita negara tropis dengan sinar Matahari yang cukup,” terang Farida.

Menurut Farida, jika pemerintah mau serius seharusnya mendorong agar harga panel solar cell disubsidi agar lebih terjangkau untuk masyarakat sehingga masyarakat akan lebih memilih solar cell daripada PLN yang mana secara perhitungan matematik penggunaan solar cell sudah terbukti lebih hemat daripada menjadi konsumen PLN seumur hidup.

“Apalagi daerah Jawa terlebih Jakarta yang sangat memungkinkan untuk pemasangan panel solar cell di gedung-gedung dan semua bangunan,” pungkasnya. (F4)

Facebook Comments