DPR Apresiasi Kinerja Pertamina Sediakan Pasokan BBM Selama Mudik Lebaran

DPR Apresiasi Kinerja Pertamina Sediakan Pasokan BBM Selama Mudik Lebaran

BERBAGI
Wakil Ketua Komisi VIII dan Banggar DPR RI Eni Maulani Saragih (foto pribadi)

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragi mengapresiasi pihak Pertamina khususnya bagian Marketing Operation Region V (MOR V) Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara yang telah memastikan pasokan BBM di wilayah itu aman selama musim mudik Lebaran Tahun 2018 ini.

Apalagi, ungkap Eni, upaya untuk mewujudkan ketersedian BBM itu pihak Pertamina telah membentuk tim Satgas penyaluran BBM dan LPG selama mudik lebaran Idul Fitri 1439 H.

Seperti diberitakan, Tim Satgas Pertamina ini mulai bekerja tertanggal 30 Mei 2018 hingga 28 Juni 2018 mendatang untuk beroperasi di kantor Pertamina MOR V, di seluruh Terminal BBM, Depot LPG Filling Plant hingga Depot Penyaluran Pesawat Udara (DPPU) dengan waktu operasional selama 24 Jam.

“Kesiapan pertamina MOR V Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara menjelang mudik lebaran patut diapresiasi. Apalagi muncul Satgas yang bekerja untuk menyiapkan sarana BBM, depot, SPBU pengisian darat dan udara serta Motorik BBM yang siap siaga dalam tanggap kelangkaan ataupun overselling karena jumlah pemudik yang meningkat,” ujar Eni saat dihubungi, Ahad (3/6/2018).

“Kami perlu ingatkan, betapun kesiapan Satgas pertamina MoR V jelang mudik lebaran. Perlu kembali me-recheck kondisi lapangan dengan simulasi. Jika dalam simulasi masih ada kekurangan, Pertamina MoR V memiliki kesempatan untuk melakukan evaluasi sebelum mudik lebaran tiba,” sambung Eni.

Tak hanya itu, pesan Eni, peran utama dari tim Satgas itu untuk memantau kondisi penyaluran, mengawasi stok BBM dan LPG di setiap SPBU termasuk Agen LPG dan mengkordinasikan segala aktivitas distribusi BBM dan LPG bersama aparat kepolisian setempat.

“Intinya kesigapan dan tanggap atas kondisi membludaknya kendaraan perlu menjadi perhatian,” terang politisi Partai Golkar ini.

Sebagai informasi, pihak Pertamina telah memprediksi puncak arus mudik Idul Fitri 1439 H akan terjadi pada tanggal 9-10 Juni 2018 mendatang.

Sementara di sejumlah titik di Provinsi Jawa Timur yang diperkirakan akan ramai pada masa puncak mudik lebaran seperti di Kabupaten Madiun, Mojokerto, Wilangan, Kertosono dan Ngawi.

Dan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan konsumsi BBM selama mudik lebaran 1439 H ini, di sejumlah titik pihak Pertamina telah menyiapkan kelancaran dan ketersediaan BBM dengan Mobile Storage, KIOSK hingga Motorist Bahan Bakar Khusus (BBK) di ruas tol maupun non tol. (HMS)

 

 

Facebook Comments