DPR Dorong Buat Panja Pendidikan Islam

 DPR Dorong Buat Panja Pendidikan Islam

JAKARTA, LintasParlemen.Com-Saat disebut pendidikan Islam maka bisa jadi dibenak kita yang terbayang adalah mayoritas proses pendidikannya belum dikelola secara profesional dan masih terbelakang.

Kondisi itu sangat disayangkan oleh Ketua Tim Kunjungan Spesifik Panja Pendidikan Islam ke Provinsi Kepulauan Riau Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu usai kunjunganya itu beberapa waktu lalu.

Alasan itu sehingga pihaknya akan berjuang membembentuk Panja Pendidikan Islam dengan tujuan pengajaran pola Islam lebih ditingkatkan kualitasnya.

“Kami merasa perlu membentuk Panja Pendidikan Islam dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja khusus  Pendidikan Islam ini. Kami juga berusaha memperjuangkan keseimbangan anggaran, karena secara kasat mata, satu sekolah umum biayanya sama dengan 10 Madrasah. Satu  Perguruan Tinggi Umum biayanya sama dengan 12 Perguruan Tinggi Islam,” kata Sodik pada keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (28/02) kemarin.

“Jika perjuangan kita ini tidak menuai hasil, ya setidaknya seimbang yang kita inginkan ini tidak terlalu jauh ketimpangannya (pendidikan Islam vs umum, red).  Kemudian kami juga  ingin  mereview arah pendidikan islam, karena nanti akan dibuat UU Perguruan Tinggi Islam,” sambungnya.

Sodik mempertanyakan eksistenai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) sekarang Universitas Islam Negeri (UIN) yang telah membuka fakultas-fakultas umum.

“Di UIN agamanya sepertinya sudah pudar,  umumnya juga tidak dapat apa-apanya. Makanya kita ingin selidiki lagi dan kita evaluasi, kenapa, karena jangan-jangan spesialisasi agama islam itu menjadi hilang,” jelasnya. (SCA)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Digiqole ad

Berita Terkait