DPR Dorong Penguatan Lembaga Penyelenggaran Pemilu

DPR Dorong Penguatan Lembaga Penyelenggaran Pemilu

BERBAGI

JAKARTA – Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Sodik Mudjahid menekankan perlunya penguatan dan penataan ulang terhadap kelembagaan penyelenggara Pemilu. Pembenahan tiga lembaga penyelenggara Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU),

Bawaslu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) diperlukan untuk mendukung penegakan demokrasi. Sodik mengapresiasi jika ada dialektika antara ketiga lembaga tersebut.

“Kalau ada semacam konflik artinya kan ada pengawasan yang ketat dan pemilu berjalan dengan baik. Tapi faktanya konflik yang terjadi sering berlebihan, tampaknya hal ini disebabkan oleh lemahnya kelembagaan dan kode etik masing-masing,” ujarnya saat RDPU tentang RUU Pemilu dengan pakar hukum Prof. Topo Santoso dan pakar ilmu politik Prof. Kacung Marijan di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Politisi Partai Gerindra ini turut mengapresiasi paparan kedua pakar hukum saat rapat berlangsung, khususnya terkait persoalan paradoks di dalam demokrasi yang salah satunya tercermin dalam penyelenggaraan Pemilu.

Sodik menyoroti putusan-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang cenderung hanya mengatur saat proses elektoral terjadi, namun tidak di masa pasca elektoral. (dpr.go.id)

 

Facebook Comments