DPR Dukung Inpres Mobil Listrik, Momentum RI Capai Target Net Zero Emission 2060

 DPR Dukung Inpres Mobil Listrik, Momentum RI Capai Target Net Zero Emission 2060

JAKARTA – Lembaga DPR mendukung Instruksi Presiden (Inpres) terkait mobil listrik sebagai momentum bagi Indonesia untuk mencapai target yang telah ditentukan yakni net zero emission di tahun 2060 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi VII DPR. Mukhtarudin. Upaya itu, kata Mukharudin untuk mendukung langkah Presiden Joko Widodo secara dengan menandatangani Inpres Nomor 7/2022 soal Penggunaan Kendaraan Listrik jadi kendaraan dinas lembaga pemerintah dari pusat hingga di daerah.

“Upaya itu, kita sangat dukung. Sebab, kebijakan ini jelas-jelas untuk meningkatkan kapabilitas energi terbarukan agar target net zero emission (NZE) di 2060 tercapai,” ujar Mukhtarudin pada Lintas Parlemen, Jakarta, Kamis, (15/9/2022).

Ke depannya, dengan Inpres tersebut Presiden Jokowi mengintruksikan seluruh jajarannya seperti menteri termasuk kepala daerah menetapkan regulasi tersebut untuk mendukung lebih cepat pelaksanaan menggunakan kendaraan listrik.

Selain itu, Presiden Jokowi juga kembali menginstruksikan bawahan agar mengalokasikan anggaran untuk mendukung program kendaraan listrik tersebut.

Mukhtarudin menjelaskan, Inpres pada tanggal 13 September 2022 ditandatangani oleh Jokowi itu untuk komitmen Pemerintah mewujudkan penerapan enerji baru dan terbarukan (EBT) dari transisi energi fosil.

Politisi Partai Golkar menilai,dengan menggunakan kendaraan listrik lebih hemat serta sangat ramah lingkungan jika dibandingkan dengan kendaraan yang memakai bahan bakar minyak (BBM).

“(Menggunakan kendaraan listrik) tentu sangat hemat serta ramah lingkungan dengan mengurangi beban negara yang diambil dari APBN,” terangnya.

“Saya yakin, Indonesia bisa mewujudkan kemandirian energi untuk mengembangkan kendaraan listrik,” kaya Mukhtarudin asal Dapil Kalimantan Tengah ini.

Sebagai informasi, Inpres itu diberinama ‘Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle)’.

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.