DPR Puji Kinerja Freeport di Sektor Kesehatan Masyarakat Lewat RS Mitra Masyarakat di Timika

 DPR Puji Kinerja Freeport di Sektor Kesehatan Masyarakat Lewat RS Mitra Masyarakat di Timika

PAPUA – Komisi IX DPR RI memuji PT. Freeport Indonesia yang memiliki kinerja tanggung jawab sosial (CSR) melalui ‘Program Pengembangan Masyarakat’ luar biasa di berbagai bidang mulai dari agama, kebudayaan olahraga, pendidikan, ekonomi termasuk juga secara spesial di bidang kesehatan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Milkiades Laka Lena. Bagi Melki sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kontribusi Freeport di sektor kesehatan sangat baik dengan dibuktikan dengan adanya Rumah Sakit (RS) Mitra Masyarakat milik PT. Freeport Indonesia.

“Di bidang kesehatan juga luar biasa, dia punya fungsi sosial Freeport kan luar biasa ya,” kata Melki usai memimpin pertemuan dalam kunjungan kerja (Kunker) reses Komisi IX DPR dengan Freeport, Sabtu (15/4/2023) kemarin.

Di mana pada pertemuan itu, turut hadir Executive Vice President PT. Freeport Indonesia Agung Laksamana, Staf Ahli Menkes, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Lebih lanjut, Melki menyebutkan berbagai sumbangsih tanggung jawab sosial PT. Freeport Indonesia kepada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di tanah Papua, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

“Ini bukti sahih bahwa PT. Freeport Indonesia merupakan bagian dari Indonesia. Dari berbagai tempat bisa diurusin mulai dari agama, kebudayaan, olahraga, pendidikan, ekonomi, kesehatan, semuanya dibantu oleh PT. Freeport,” puji Melki.

Sebelumnya, Melki memimpin rombongan Komisi IX DPR RI menggelar kunjungan lapangan ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat di Timika milik PT. Freeport Indonesia. Pada kesempatan itu, Melki mengapresiasi peran tenaga kesehatan (nakes) yang sudah bekerja dengan sangat keras membantu Pemerintah dengan didukung oleh PT. Freeport dalam melayani masyarakat tujuh suku dan juga masyarakat umum dalam rangka menjaga kesehatan di Timika.

“Dan kami melihat tadi mendengarkan dari temen-temen dokter tadi dan tenaga kesehatan yang lain bahwa RS Mitra Masyarakat ini menjadi RS yang sejak dulu menjadi rujukan kesehatan kita bagi keluarga besar kita masyarakat kita yang ada di Timika ini. Dan juga kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada PT. Freeport yang juga dengan caranya terus mendukung rumah sakit ini bisa membantu masyarakat 7 suku dan masyarakat yang ada di sekitar Timika ini,” jelas Melki.

Politisi Partai Golkar ini menyampaikan, khususnya sektor kesehatan, PT. Freeport Indonesia dalam ‘Program Pengembangan Masyarakat’ telah membangun dan mengoperasikan Rumah Sakit dan Klinik yang memberikan pelayanan kesehatan gratis.

“Tercatat, 120.000 kunjungan pasien ke RS Mitra Masyarakat selama tahun 2022. Lalu pengobatan gratis di 3 klinik umum, 2 klinik spesialis dengan 43.500 kunjungan,” terang Melki asal Dapil NTT.

Selanjutnya, melalui ‘Program Pengembangan Masyarakat PT. Freeport Indonesia itu, 13.500 rumah telah mendapat pelayanan¬†Indoor¬†Residual¬†Spraying (IRS) serta PT. Freeport Indonesia menggelar sosialisasi dan pelatihan kesehatan terkait Malaria, HIV, TB, Covid-19 dan lainnya kepada lebih dari 30.000 peserta selama tahun 2022.

Berita Terkait