‘Dua’ PB HMI (MPO-Dipo) Laporkan Saut ke Mabes POLRI

 ‘Dua’ PB HMI (MPO-Dipo) Laporkan Saut ke Mabes POLRI

Ketua Umum PB HMI (MPO) Fauzi didampingi Sekjen PB HMI, Endri saat memperlihatkan bukti laporannya,di Mabes Polri, Senin (9/5/2016)

Jakarta, LintasParlemen.com– Pernyataan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang yang mengatakan kader HMI adalah pelaku korupsi kini berbuntut panjang. Selain mendapat kecaman dari seluruh kader HMI se Indonesia, berbagai kalangan dan tokoh nasional juga sangat menyesalkan pernyataan Saut dan menuntut Saut untuk segera meminta maaf terhadap HMI.

Hari ini, Senin (9/5/2016), kedua Pengurus Besar HMI (Dipo-MPO) samasama melaporkan Saut Situmorang ke Mabes POLRI.

PB HMI (MPO) yang diketuai oleh Muh Fauzi datang sekitar pukul 9.20 Wib di Mabes Polri. Ia menyatakan bahwa Saut Situmorang telah melakukan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap salah satu organisasi perkaderan tertua di Indonesia, Himpunan Mahasiswa Islam.

Fauzi memastikan bahwa organisasinya akan terus mengusut pernyataan Saut tersebut.

“Saya kira, kami di HMI secara tegas akan mengusut dan melakukan proses hukum. Tidak ada proses damai dalam urusan ini,” katanya.

Selain itu, kata Fauzi, PB HMI akan melaporkan permasalahan ini kepada Dewan Etik KPK agar dapat ditindaklanjuti.

“Saya kira dewan etik bisa memproses secara etik terhadap pimpinan KPK,” ujarnya.

Sekjen PB HMI (MPO), Endri menambahkan, pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dinilai telah menciderai organisasi HMI, karena yang bersangkutan menyerang lembaga.

“Pernyataan Saut ditujukan pada HMI. Pernyataan yang sangat menyudutkan, sangat tendensius,” ujar Endri, Sekjen PB HMI.

Di Bareskrim Mabes POLRI, PB HMI didampingi oleh Kuasa Hukum Tohir, SH.

Sementara itu, PB HMI (Dipo) yang diketuai oleh Mulyadi P. Tamsir didampingi kuasa hukumnya datang pada Pk. 10.45 WIB.

Kuasa Hukum PB HMI (Dipo), Irvan Pulungan mengungkapkan, kedatangan mereka ke Mabes Polri untuk melaporkan Saut dengan laporan kasus penghinaan terhadap organisasi HMI.

“Saut, kita laporkan penghinaan atas organisasi HMI, kita juga minta kepada seluruh cabang HMI seluruh Indonesia, laporkan pernyataan Saut kepada pihak kepolisian,”kata Irvan.

Irvan menilai pernyataan Saut didepan salah satu stasiun TV, membuat para anggota dan pengurus HMI merasa sakit hati. Baginya tidak pantas sebagai Wakil KPK menyebut HMI seperti itu.

“Dia (Saut) tidak bisa seperti itu memukul rata, kalau ada (Kader HMI), yang terlibat korupsi itu kan oknum. HMI juga tidak mungkin mengajarkan kadernya menjadi koruptor. Apalagi sudah menjadi pejabat publik, bagi kami tidak pantas itu,”ujar Ivan.

Seperti diketahui Wakil Ketua KPK Saut Situmorang pada Kamis , (5/5/2016) dimana dalam salah satu stasiun tv menyampaikan tentang hubungan korupsi dan kejahatan dengan orang cerdas.

“Dia (HMI ) orang orang cerdas ketika mahasiswa. Kalau di HMI minimal Latihan Kepimpinan I, tetapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat,” ujar Saut Situmorang disalah satu stasiun TV beberapa waktu yang lalu.

Digiqole ad

Berita Terkait