Eks Menpora Imam Nahrawi Bebas dari Lapas Sukamiskin

 Eks Menpora Imam Nahrawi Bebas dari Lapas Sukamiskin

BANDUNG – Kabar bahagia buat keluarga Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi karena telah dilaporkan sudah bebas dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat.

Imam Nahrawi bebas bersyarat setelah dijebloskan ke penjara dalam kasus suap dana hibah KONI.

“Iya betul. Tadi pagi beliau bebas dan menjalani pembebasan bersyarat,” kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Kusnali seperti dikutip detikcom, Jumat (1/3/2024).

Menurut Kusnali, Imam Nahrawi masih diwajibkan untuk menjalani wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas). Namun, ia tidak mengetahui berapa lama Imam Nahrawi harus menjalani wajib lapor tersebut.

“Iyah (wajib lapor). Kalau seseorang menjalani pembebasan bersyarat, sampai habis masa pembimbingannya dan pengawasannya, maka dia harus wajib lapor ke Bapas setempat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Imam Nahrawi divonis 7 tahun penjara dalam kasus suap dan gratifikasi pencairan dana hibah KONI Rp 11,5 miliar pada 2020. Di pengadilan tingkat pertama, hakim menjatuhkan pidana tambahan berupa ganti rugi Rp 18,1 miliar.

Selain itu, hakim saat itu juga mencabut hak politik Imam selama 4 tahun. Permohonan justice collaborator yang diajukan mantan politikus PKB itu juga ditolak hakim.

Meski sudah divonis, Imam Nahrawi tetap tak mengakui menerima suap dan gratifikasi. Ia melawan dengan mengajukan banding, kasasi hingga peninjauan kembali (PK) atas kasus tersebut. Namun, upaya itu sia-sia dan membuat Imam Nahrawi tetap dihukum penjara selama 7 tahun.

 

 

Berita Terkait