Emrus Sihombing Sebut Pembagian Sertifikat Tanah Sehari Jelang Pencoblosan Sarat Kepentingan Politik

 Emrus Sihombing Sebut Pembagian Sertifikat Tanah Sehari Jelang Pencoblosan Sarat Kepentingan Politik

JAKARTA – Komunikolog dan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan (UPH) DR Emrus Sihombing angkat suara terkait rencana Menteri Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto yang akan membagikan sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten, sehari menjelang Pemilu. Menurut Emrus, hal itu tak bisa dilepaskan dari kepentingan politik untuk mengarahkan dukungan kepada salah satu paslon presiden dan wakil presiden dan partai politik (Parpol) tertentu.

Bahkan Emrus Sihombing geram, menyikapi rencana Menteri ATR/BPN Hadi Thahjanto yang akan menyerahkan sertifikat gratis secara door to door kepada warga Serpong, Kota Tangerang Selatan, Selasa ( 13/2/2/2024) besok.

“Tak dapat dipungkiri, pembagian sertifikat gratis oleh menteri ATR/BPN sehari menjelang pemilu disinyalir sarat dengan kepentingan politis untuk mendongkrak suara paslon tertentu dalam kontestan pemilu. Bisa juga untuk kepentingan parpol tertentu, mengingat Wamen ATR/BPN adalah petinggi di partai yang diketuai oleh anak presiden Jokowi,” kata Emrus seperti disampaikan pada Lintas Parlemen.

Lebih jauh Emrus mengatakan, meski nantinya BPN memiliki alasan kenapa pembagian sertifikat dilakukan sehari menjelang pemilu ? Karena acara tersebut sudah lama terjadwal mengingat padatnya jadwal menteri. Namun alasan klasik seperti itu sangat sulit dipahami oleh masyarakat di tahun politik ini.

“Mbok ya bisa ditunda setelah pemilu, karena penyerahan sertifikat tanah ini bukan hal yang urgent seperti di rumah sakit yang menyangkut nyawa manusia,” cetusnya.

Untuk itu, Emrus berharap kepada menteri ATR/BPN untuk lebih arif dan bijaksana agar dapat menunda penyerahan sertipikat bisa dilakukan sehari atau setelah dilakukan pemungutan suara pemilihan presiden dan anggota legislatif. ”Saya rasa masyarakat juga sangat memahami, jika acara itu ditunda sehari atau dua hari setelah pemilu,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, direncanakan akan menyerahkan sertifikat secara door to door di Tangerang Selatan (Tangsel), tepatnya di Kelurahan/Kecamatan Serpong, kepada 13 masyarakat door to door dan pada titik ke 13, penyerahan 30 sertifikat langsung dihadiri oleh penerima manfaat.

“Rencanaya pak Menteri akan menyerahkan langsung sertifikat hasil PTSL 2023 kepada masyarakat penerima manfaat di Tangerang Selatan hari Selasa (13/2/2024) pukul 14.30 WIB di Serpong,“ terang seorang pejabat di Kanwil BPN Banten menurut sumber tak bisa diungkapkan identitasnya.

Berita Terkait