Fadli Zon Sambut Baik Kerjasama Perludem Aplikasi “DPR Kita”

 Fadli Zon Sambut Baik Kerjasama Perludem Aplikasi “DPR Kita”

Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon

JAKARTA, Lintasparlemen.Com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengapresiasi tawaran kerja sama dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Perludem melalui program aplikasi DPR KITA. Perludem adalah Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi.

Fahri menilai aplikasi DPR KITA dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan sejalan dengan semangat parlemen terbuka menuju lembaga parlemen modern Indonesia. Apalagi DPR telah menunjukkan sebagai lembaga yang paling terbuka di Indonesia, terlihat dari terpantau dan terpublikasinya seluruh kegiatan DPR.

“DPR sangat terbuka untuk bekerja sama dengan semua komponen masyarakat dalam rangka mengekspose baik pda tingkat kelembagaan ataupun tingkat individu. Karena pada dasarnya 560 anggota DPR itu adalah pejabat publik yang kehidupannya harus dibuka ngapain saja, bicara apa saja, sedang mengadvokasi siapa saja, sedang membuat Undang-Undang apa, sedang melayani konstituen di bidang apa, dan seterusnya,” ujar Fahri di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (28/03) lalu.

Menurut Fahri, aplikasi DPR KITA menjadi bentuk keterbukaan dan menambah informasi bagi masyarakat mengenai kinerja anggota DPR dan mendekatkan diri pada masyarakat di seluruh Indonesia.

“Ini adalah ikhtiar untuk menjadikan DPR lebih aksessible, lebih mendekatkan DPR kepada masyarakat seperti yang kita cita-citakan dalam membangun Parlemen modern,” tambah politisi PKS ini.

Sementara itu, Ketua Tim Pengembangan Aplikasi DPR KITA, Diah Setyawaty menyatakan aplikasi ini sangat bermanfaat bagi keterbukaan data dan informasi bagi publik mengenai anggota DPR. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkannya sebagai media untuk menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR, begitu juga sebaliknya.

“Kami juga melalui aplikasi DPR KITA berusaha untuk menyambung keterputusan antara anggota DPR dan konstituennya. Jadi masyarakat bisa menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR dan anggota DPR juga bisa menyampaikan balasan dari aspirasi mereka, tanggapan atau kemudian bisa memberitahukan kinerja mereka. Jadi anggota DPR juga memiliki panggung untuk benar benar berkomunikasi dengan masyarakat lewat aplikasi ini,” jelas Diah. (Alif/ Julian/Nukie)

Digiqole ad

Berita Terkait