Firman Soebagyo : Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Perlu Langkah Preventif

 Firman Soebagyo : Cegah Kebakaran Hutan, Pemerintah Perlu Langkah Preventif

JAKARTA, Lintasparlemen.com – Wakil Ketua Baleg dan Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo meminta pemerintah membuat sistem perencanaan pencegahan kebakaran hutan di Indonesia.

Menurut Firman yang juga Wakil Ketua Fraksi Golkar DPR mengatakan, langkah preventif yang harus ditempuh pemerintah tak hanya early warning system. Namun, sebuah early warning system yang diikuti sebuah green strategy yang terpadu.

“Kalau terkait kebakaran hutan, yang belum menjadi perhatian pemerintah adalah suatu green strategy supaya tidak terjadi kebakaran hutan,” ujar Firman pada Lintasparlemen di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (21/04/2016).

Firman menuturkan, Green Strategy mestinya hadir sebagai langkah awal pemerintah dalam mengelola sistem pencegahan terjadinya kebakaran hutan.

“Green strategy itu harus dilanjuti dengan sistem. kalau sudah bicara sistem, itu bukan hanya namanya warning system saja, tetapi ada juga sistem manajemennya, kemudian harus ada sumber daya manusianya, baru sarana dan prasarana pendukungnya,”. tuturnya.

Ia menjelaskan, saat ini memang pemerintah harus melakukan evaluasi terhadap regulasi yang terkait mengenai perlindungan hutan dari kasus kebakaran. Ia menilai regulasi yang ada saat ini belum mampu dan terkesan justru memiliki banyak kekurangan sehingga masih sering dimanfaatkan oleh oknum tertentu dalam melakukan pembakaran hutan.

“itu yang menjadi tugas pokok pemerintahan ini. untuk mencapai ke arah sana, harus ada suatu evaluasi terhadap regulasi yang ada. sekarang ini, kalau saya lihat regulasinya masih lemah, karena ada undang-undang yang masih ada celah untuk dimanfaatkan masyarakat melakukan pembakaran hutan, yaitu uu 32 tahun 2006 atau 2009 kalau tidak salah, membolehkan membakar hutan seluas 2 hektar,” pungkasnya.

Digiqole ad

Berita Terkait