Gelar Pertemuan dengan Petani, Anggota DPR Ini Serahkan Mesin Panen

Gelar Pertemuan dengan Petani, Anggota DPR Ini Serahkan Mesin Panen

BERBAGI

SIJUNGJUNG – Hermanto Anggota DPR RI Dapil Sumbar I Hermanto dalam kunjungan kerjanya di daerah pemilihan mengadakan pertemuan dengan para petani dilanjutkan penyerahan mesin panen (combine harvester) besar bantuan Pemerintah kepada Kelompok Tani Langir Jaya di Kabupaten Sijunjung. Pertemuan dan penyerahan mesin panen dilakukan di lokasi petani di Jorong Bunga Tanjung, Nagari Muaro Bodi, Kecamatan IV Nagari, Kabupaten Sijunjung.

“Mesin panen ini milik negara yang dipercayakan pengelolaannya kepada kelompok tani Langir Jaya. Karena itu pakailah, peliharalah dan rawat dengan baik,” ujar Hermanto.

Menurutnya, mesin panen ini bila dikelola dengan baik bisa mendatangkan penghasilan yang besar bagi kelompok.

“Saya berharap dari hasil mengelola mesin panen ini Langir Jaya bisa membeli berbagai alat pertanian modern lainnya. Dengan berbagai alat modern yang dimiliki tersebut, kelak Langir Jaya bisa mandiri dan memberikan kesejahteraan kepada anggota dan masyarakat sekitarnya,” papar legislator FPKS ini.

Kemajuan dan kesejahteraan petani, lanjutnya, ditentukan oleh petani yang bersangkutan.

“Negara hanya membantu memberikan pancingan. Sebesar dan sebanyak apapun bantuan negara, kalau petani tidak punya tekad untuk maju dan sejahtera, maka bantuan negara tersebut akan kurang bermanfaat bahkan bisa mubazir,” tuturnya.

Sebaliknya, lanjut Hermanto, bila petani punya tekad, semangat dan kompak untuk maju maka lambat laun akan maju dan sejahtera baik dengan maupun tanpa bantuan negara atau pihak lain.

“Tanda petani maju adalah mandiri, tidak tergantung pada bantuan pihak lain,” ucapnya.

“Mandiri jangan diartikan menutup diri dari bantuan pihak lain. Bantuan pihak lain dikelola sebaik mungkin guna mempercepat kemajuan dan kesejahteraan,” pungkas legislator dari Komisi IV DPR ini. (Joko)

Facebook Comments