Gerindra Mesra dengan PDIP, PKB Mulai Meradang

 Gerindra Mesra dengan PDIP, PKB Mulai Meradang

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Gerindra telah sepakat membangun koalisi pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. Namun belakangan ini Gerindra terlihat mesra dengan PDIP pasca menerima Puan Maharani.

Terkait hal itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku tetap ingin menjadi calon presiden pada Pemilu 2024. Pasalnya, hal itu mengacu pada perjanjian Rapimnas Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat.

“RI 1 harga mati. Kalau ga disitu, ya ngapain kita koalisi,” kata Cak Imin kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

Lebih jauh, Cak Imin memastikan akan melakukan komunikasi politik dengan sejumlah elit partai Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan termasuk Puan Maharani.

“Tinggal cocok-cocokkan waktu. Saya bisa kapan, dia bisa kapan,” jelasnya.

Hanya saja, Cak Imin belum bisa menjelaskan apakah partai berlambang banteng yang diketuai Megawati Soekarnoputri akan secara langsung ikut gabung berkoalisi dengan Gerindra dan PKB pada Pemilu 2024.

“Tapi yang jelas, saya sama Pak Prabowo bersepakat kita membuka diri untuk berkomunikasi,” tuturnya.

Diketahui, Partai Gerindra dan PKB resmi berkoalisi dalam menyongsong Pemilu serentak 2024. MoU itu langsung ditandatangani seusai Rapimnas Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Dalam piagam kerja sama politik kedua partai tersebut juga menyebutkan mengenai calon presiden dan calon wakil presiden yang bakal diusung koalisi Gerindra-PKB.

Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, dalam poin ke-4, bahwa capres dan cawapres yang bakal diusung di Pemilu 2024 akan ditentukan oleh Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar, selaku ketua umum masing-masing parpol ini.

“Kesepakatan kerja sama partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan paslon capres dan cawapres yang disepakati,” imbuh Dasco.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait