Harapan Guspardi Usai Jenderal TNI Agus Subiyanto Dilantik Panglima: TNI Jaga Netralitas dalam Pemilu 2024

 Harapan Guspardi Usai Jenderal TNI Agus Subiyanto Dilantik Panglima: TNI Jaga Netralitas dalam Pemilu 2024

JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus, mengucapkan selamat kepada Jendral TNI Agus Subiyanto yang telah dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada 22 November 2023. Sehari sebelumnya penunjukan Jendral TNI Agus Subiyanto telah resmi di setujui melalui Rapat Paripurna DPR RI sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono yang segera memasuki masa purnabakti pada 26 November 2023.

“Menjadi Panglima TNI terlebih di tahun politik saat ini tentu memiliki tantangan tidak ringan. Tanggung jawab besar, apalagi pertaruhan menciptakan situasi tetap aman dan kondusif, serta menjaga netralitas para prajurit TNI selama proses pemilu adalah pilihan yang harus dilaksanakan oleh Pak Agus sebagai Panglima TNI yang baru saja dilantik oleh Presiden,” kata Guspardi,Rabu ( 22/11/2023).

Terkait masalah netralitas harusnya ditunjukkan oleh semua aparat penegak hukum, bukan hanya TNI. Karena dengan adanya netralitas maka akan mampu menciptakan penyelenggaraan pemilu yang jujur, adil dan damai, ujar Politisi PAN ini.

Legislator dapil Sumatera Barat 2 itupun berharap Jenderal TNI Agus Subiyanto harus dapat menjaga citra positif TNI di mata Masyarakat dengan memperhatikan masalah Netralitas ini. Sehingga pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024, bisa terlaksana sebagai pesta demokrasi yang penuh dengan kegembiraan dan berjalan damai serta dapat mengantisipasi terjadinya friksi-friksi yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

‚ÄúPenegakan netralitas TNI dengan sebaik-baiknya akan dapat menepis kekhawatiran sejumlah pihak terkait dugaan sikap TNI di Pemilu mendatang. Supaya pesta demokrasi lima tahunan ini bisa berjalan dengan baik, jujur, adil dan damai,”ulas Pak Gaus ini.

Oleh karena itu, diharapkan di bawah kepemimpinan Jendral Agus Subiyanto sebagai panglima, TNI akan semakin maju. TNI juga sudah memiliki sistem pembinaan sendiri untuk memastikan prajurit netral dalam Pemilu. Salah satunya dengan membentuk posko pengaduan yang tersebar di satuan-satuan TNI di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan visi yang diusung, yaitu TNI PRIMA, yang artinya Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta pada hari ini, Rabu (22/11/2023).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan TNI sudah membuat posko pengaduan untuk menjawab kekhawatiran mengenai netralitas lembaganya di Pemilu 2024. Ia meminta masyarakat langsung mengadukan jika ada pelanggaran yang dilakukan anggotanya.

Berita Terkait