Hari Pers Nasional, Berita Setingan: Buat Indonesia Makin Suram

Hari Pers Nasional, Berita Setingan: Buat Indonesia Makin Suram

BERBAGI

JAKARTA – Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengucapkan selamat hari pers nasional yang jatuh pada hari ini, Ahad (9/2/2020).

“Saya sampaikan selamat Hari Pers Nasional, khususnya untuk para insan media. Peringatan ini mengingatkan kita betapa pentingnya peran pers dalam negara demokrasi. Bisa dikatakan, pers adalah salah satu pilar demokrasi,” kata Habib Aboe pada Lintas Parlemen, Sabtu (8/2/2020) kemarin.

Menurut politisi PKS itu, pers yang bebas dan merdeka masyarakat akan mendapatkan akses informasi yang berkualitas sehingga dapat dipertanggung jawabkan kepada publik.

Oleh karenanya, lanjutnya, para insan pers perlu mempertahankan kerja-kerja jurnalistik mereka agar dapat menyajikan informasi yang berkualitas sesuai harapan rakyat.

“Kita harus hindari penggunaan pers untuk agenda setting tertentu, misalkan untuk propaganda politik ataupun sebaliknya untuk menghambat akses pemberitaan terhadap seseorang bahkan sekelompok orang. Jika hal ini terjadi, makan masa depan bangsa dan negara akan semakin suram,” jelas Habib Aboe.

“Untuk itu, saya mengajak semua insan pers untuk menjaga independensi, untuk mewujudkan kerja pers yang bebas dan merdeka. Tujuannya, agar kita bisa menyajikan informasi berkualitas kepada masyarakat, tanpa muatan agenda setting tersembunyi,” pungkas Habib Aboe. (HMS)

Facebook Comments