Hasil Survei Voxpol Tempatkan Anies Raih Dukungan Tertinggi Geser Prabowo dan Ganjar

 Hasil Survei Voxpol Tempatkan Anies Raih Dukungan Tertinggi Geser Prabowo dan Ganjar

Anies Baswedan

JAKARTA – Hasil survei terbaru dirilis terkait calon presiden 2024 mendatang. Kali ini hasil survei dari Voxpol Center Research and Consulting yang menempatkan Anies Baswedan teratas menggusur nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Seperti disampaikan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago, survei digelar tepatnya dari tanggal 22 Oktober hingga tanggal 7 November 2022. Pangi mengungkapkan, survei yang dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Sementara jumlah responden dipilihnya sebesar 1.220 orang dengan margin error kurang lebih sekitar 2,81 persen. Di mana sampel yang diambil kata Pangi diambil dari tersebar di seluruh Indonesia secara merata di 34 provinsi.

Dari hasil yang diperolehnya, perolehan suara Anies-Ganjar jaraknya sudah berdekatan jaraknya. Jika hal itu mengacu padda marjin margin of error 2,82 persen.

“hasil kita dilakukan secara tertutup, jika kita simulasi 16 nama maka masih Anies 26,1 persen tertinggi, Mas Ganjar 25 persen, range-nya masih di range margin of error 2,81 persen. Ini artinya masih kompetitif, karena masih di range margin of error. Angka itu masih sangat dinamis,” terang Pangi.

Survei tersebut juga, lanjut Pangi, dilakukan secara tatap muka dengan metode wawancara dengan menanyakan responden, ‘Seandainya jika Pemilu Presiden (Pilpres) dilaksanakan hari ini, di antara nama-nama berikut, siapa calon Presiden RI yang bakal Ibu/Bapak/Saudara pilih?’

“Ini adalah elektabilitas tertutup yang telah kita disodorkan simulasi namanya, simulasinya 16 nama yang kita uji,” ungga Pangi dalam konferensi pers di Hotel Alia Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

Berikut hasil survei Voxpol Center Research and Consulting :

1. Anies Baswedan 26,1 persen
2. Ganjar Pranowo 25 persen
3. Prabowo Subianto 20,7 persen
4. Ridwan Kamil 6,1 persen
5. Agus Harimurti Yudhoyono 3,4 persen
6. Andika Perkasa 2,6 persen
7. Sandiaga Salahuddin Uno 2,4 persen
8. Khofifah Indar Parawansa 2,3 persen
9. Puan Maharani 2 persen
10. Gatot Nurmantyo 1,1 persen
11. Ahmad Syaikhu 0,9 persen
12. Ahmad Heryawan 0,7 persen
13. Airlangga Hartarto 0,7 persen
14. Muhaimin Iskandar 0,7 persen
15. Erick Thohir 0,5 persen
16. Salim Segaf Al Jufri 0,5 persen
17. Tidak tahu atau tidak memberi jawaban 4,3 persen.

Laporan: Joko

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.