Hermanto: Lapangan Kerja dan Kesempatan Usaha Hanya Dimiliki oleh Masyarakat yang Dekat...

Hermanto: Lapangan Kerja dan Kesempatan Usaha Hanya Dimiliki oleh Masyarakat yang Dekat dengan Pemegang Kebijakan

SHARE

PADANG – Anggota MPR RI Hermanto menyebut efek pembangunan kerapkali menimbulkan kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial ini perlu diatasi guna menghindari gejolak sosial akibat pembangunan.

“Negara harus hadir dalam mengantisipasi dan mengatasi kesenjangan sosial sebagai efek dari pembangunan. Kehadiran negara tersebut merupakan amanat yang terkandung dalam sila kelima Pancasila: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,” tutur Hermanto dalam paparannya pada kegiatas Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Aula Serbaguna Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, belum lama ini.

Kesenjangan, menurutnya, antara lain disebabkan oleh tidak meratanya kesempatan yang dimiliki oleh anggota-anggota masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan, berusaha, memenuhi kebutuhan pokok, maupun kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

“Kesempatan untuk mendapatkan lapangan kerja dan kesempatan untuk berusaha hanya dimiliki oleh sekelompok kecil masyarakat yang memiliki modal dan memiliki kedekatan tertentu dengan pemegang kebijakan,” papar Hermanto.

Kesenjangan, lanjutnya, terjadi karena pembangunan tidak dilaksanakan secara merata dan berimbang. “Kesenjangan terjadi manakala hasil-hasil yang dicapai dalam pembangunan hanya dinikmati oleh sebagian masyarakat”, ucap legislator yang juga doktor jebolan IPB ini.

“Ketidakmampuan masyarakat dalam mendapatkan akses dan aset perlu solusi melalui regulasi dan kebijakan pembangunan dengan memegang prinsip keadilan yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945,”pungkas legislator dari dapil Sumatera Barat I ini. (joko)

 

Facebook Comments
Baca juga :   Ketua DPR: Mahasiswa Harus Punya Ketrampilan Berwirausaha!