Hermanto: Luas Hutan Berkurang karena Pertambahan Penduduk

 Hermanto: Luas Hutan Berkurang karena Pertambahan Penduduk

JAKARTA – Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Hermanto memfasilitasi masyarakat kehutanan  dengan kegiatan Sosialisasi Kebun Bibit Rakyat (KBR) dan Bibit Produktif di Hotel Emersia Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dalam kegiatan tersebut Hermanto mengungkapkan luasan hutan semakin berkurang karena pertambahan penduduk. Untuk itu, kata Hermanto, sejumlah pihak perlu memikirkan hal tersebut ke depan terkait pertambahan penduduk dan ketersediaan pangan nasional.

“Pertambahan penduduk membutuhkan tambahan ruang. Tambahan ruang untuk tempat tinggal, pengadaan pangan, perluasan bangunan untuk industri dan perkantoran serta kebutuhan hidup lainnya”, ujar Hermanto dihadapan 150 peserta kegiatan tersebut.

Selain luasannya yang terus berkurang karena berbagai kebutuhan manusia tersebut, lanjut Hermanto, hutan kita dalam kondisi yang parah.

“Kalau kita naik pesawat, tampak dari atas banyak bagian dari hutan di Sumatera Barat yang gundul bahkan kondisinya kritis. Karena itu tidak heran bila belakang ini bila datang musim hujan kita sering mendengar berita banjir dan tanah longsor,” papar legislator dari FPKS DPR RI ini.

Menurut Hermanto, Pemerintah perlu mengajak partisipasi masyarakat untuk memulihkan kondisi hutan yang rusak tersebut diantaranya dengan kegiatan KBR dan bibit produktif. Dalam kegiatan KBR, pemerintah memberi modal Rp. 100 juta kepada kelompok masyarakat untuk memproduksi 30 ribu batang bibit tanaman berkayu yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Harapannya, setelah 30 ribu bibit itu tumbuh setinggi 30 cm, selanjutnya ditanam di lahan-lahan yang gundul tersebut.

“Dalam penanamannya, bisa melibatkan masyarakat diluar kelompok. Hasil dari tanaman tersebut kelak, bisa diambil oleh penanamnya,” ucap Hermanto.

Bila konsep tersebut terealisasi, tambahnya, kondisi hutan dan lahan setahap demi setahap akan pulih dan masyarakat sejahtera.

“Para peserta kegiatan ini sebagian besar adalah penerima program KBR 2022. Karena itu setelah bibit siap tanam, jangan ditunda lagi, segera ditanam !”, pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.

Selain Hermanto, hadir sebagai narasumber kegiatan ini Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Indragiri Rokan Irpana Nur dan tokoh mudah Tanah Datar Adib Fadhil.

Laporan: Joko

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.