Hermanto Minta Masyarakat Perikanan Tidak Sekedar Jual Ikan Segar

 Hermanto Minta Masyarakat Perikanan Tidak Sekedar Jual Ikan Segar

PADANG PANJANG – Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto memfasilitasi masyarakat perikanan di daerah pemilihan Sumatera Barat I dengan kegiatan Sosialisasi Mutu dan Nilai Tambah Produk Perikanan di Hotel Rangkayo Basa, Padang Panjang belum lama ini. Dalam kegiatan tersebut Hermanto meminta peserta kegiatan agar ke depan tidak hanya sekedar menjual ikan dalam bentuk segar.

“Kalau menangkap atau memelihara ikan lalu langsung dijual dalam bentuk segar, ini pekerjaan sederhana. Untungnya juga tipis,” ujar Hermanto dihadapan 70 peserta kegiatan tersebut.

Setelah mendapat tambahan ilmu dari kegiatan ini, Hermanto berharap para peserta kegiatan kedepannya bisa menjual ikan dalam bentuk olahan. “Memang untuk menghasilkan produk olahan ikan perlu tambahan pengorbanan berupa waktu, tenaga maupun modal,” ungkap legislator dari FPKS DPR RI ini.

Tapi produk olahan yang dihasilkan, lanjutnya, nilainya lebih tinggi dan lebih awet serta menambah lapangan pekerjaan. “Produk bisa dijual sampai ke supermarket yang tentu harga jualnya lebih tinggi,” ucap Hermanto.

“Dengan menjual produk ikan olahan, untungnya lebih besar. Kesejahteraan masyarakat perikanan juga akan lebih baik,” pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan Komisi IV DPR RI. Hadir juga dalam kegiatan ini pejabat di Ditjen Peningkatan Daya Saing Kelautan Perikanan Erwin Trias Narotama, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Padang Panjang Ade Nafrita Anas dan tokoh setempat Amrizal.

Peserta kegiatan berasal dari Padang Panjang dan Kabupaten Solok. Peserta mendapat penjelasan wawasan terkait berbagai produk olahan ikan. Dalam kegiatan ini dipraktekan juga pembuatan dimsum ikan lele.

Laporan: Joko

Editor: Habib Harsono

Digiqole ad

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.