Hermanto Puji Produktivitas Hasil Pertanian Desa Talang Sari Palembang

 Hermanto Puji Produktivitas Hasil Pertanian Desa Talang Sari Palembang

JAKARTA – Anggota komisi IV DPR RI Hermanto menilai produktivitas hasil tani yang dikelola oleh kelompok tani di Desa Talang Sari, Palembang, cenderung meningkat. Hal itu dikarenakan para petani tersebut bekerja dengan baik sesuai dengan cara-cara Bertani yang sudah modern. Semula, produktivitas hasil tani 3,1 persen, kemudian 4 persen, kini sudah mencapai 5 persen lebih.

“Tetapi yang kita temukan di situ adalah bahwa masyarakat di situ secara alat dan mesin pertanian masih membutuhkan, seperti misalnya tractor,” kata Hermanto usai pertemuan Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Komisi IV DPR RI dengan Wakil Bupati Banyuasin, Dirjen Tanaman Pangan, serta kelompok tani Banyuasi, di Palembang, Jumat (16/12/ 2022).

Hermanto juga berharap pemerintah serius mendorong kawasan pertanian yang berada di Kabupaten Banyuasin ini. Dengan cara menjadikan kawasan tersebut semacam lumbung padi, serta mendorong program-program baik yang bersifat saintifik maupun inovasi lainnya.

“Kawasan ini bisa kita andalkan sebagai kawasan yang bisa menghasilkan beras. Karena kawasan ini masuk kawasan nomor empat terluas kabupaten se-Indonesia. Artinya pemerintah harus serius pada kawasan ini. Sehingga kita bisa mengatasi apa yang kita sebut sekarang ini kelangkaan beras,” harap Politisi PKS itu.

Di sisi lain Hermanto juga menerangkan kebutuhan petani dengan terbatasnya jumlah pupuk yang diproduksi. Menurutnya, persoalan ini menjadi masalah klasik karena tidak lepas dari persoalan anggaran pemerintah yang terbatas.

“Pupuk itu bisa diatasi sepanjang pemerintah fokus dan serius untuk menangani pupuk. Tetapi kalau masih dalam keadaan seperti ini anggaran masih kurang kemudian jenis pupuknya juga kita kurangi, tentu akan berdampak pada produktivitas,” terang Hermanto.

Digiqole ad

Berita Terkait