Hindari Konflik, Menkumham: Segera Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual

 Hindari Konflik, Menkumham: Segera Daftarkan Hak Kekayaan Intelektual

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyampaikan pandangannya saat mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/4). (Foto :Antara0)

JAKARTA – Pemerintah meminta masyarakat agar segera mendaftarkan berbagai kekayaan intelektual ke direktorat jenderal kekayaan intelektual (DJKI).

Baik itu soal hak cipta, merek, kekayaan komunal, desain geografis, hak paten, dan indikasi geografis yang selama ini menjadi perhatian serius.

“Pengetahuan budaya juga bisa. Kita harapkan masyarakat segera daftarkan,” kata Yasonna Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada wartawan, Jumat (19/8/2022).

Lebih jauh, Yasonna mengungkapkan, bila pendaftaran tersebut sudah dilakukan, maka kekayaan intelektual tersebut sudah langsung dilindungi oleh negara.

Di mana, terang dia, akan ada hak ekonomi secara logo dan desain bila memang terjadi penjiplakan hak paten. Jangan sampai kekayaan intelektual direbut pihak lain dan kemudian muncul konflik.

“Kita juga mempermudah masyarakat yang ingin mendaftarkan kekayaan intelektual. Hal itu bisa dilakukan secara online,” ucapnya.

“Sudah saatnya kita peka terhadap hasil kekayaan intelektual agar semua bisa terlindungi,” tutupnya.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait