IMM Maros : Reses Legislator Jangan Sekedar Formalitas

 IMM Maros : Reses Legislator Jangan Sekedar Formalitas

Maros, LintasParlemen.com— Ketua DPRD Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Chaidir Syam pada Minggu, (20/3/2016) kemarin mengatakan, kegiatan reses yang dilakukan oleh legislator DPRD Maros selama enam hari adalah hal yang mutlak dan wajib dilakukan di Dapil masing-masing.

Menyikapi pernyataan tersebut, Ketua Umum PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Maros, Rizal Pauzi mengungkapkan apresiasi yang disampaikan oleh Chaidir Syam.

“Kami mengapresiasi pernyataan ketua DPRD Kabupaten Maros terkait wajib reses bagi seluruh anggota DPRD di kabupaten Maros,” ucapnya, Senin (21/3/2016).

Meski demikian, Rizal mengatakan, jika selama ini masih banyak anggota DPRD yang belum menjalankan reses sebagaimana mestinya. Padahal, mestinya kegiatan reses yang menggunakan anggaran dari negara tersebut digunakan untuk benar-benar mendengar langsung aspirasi masyarakat dan konstituen.

“Menjadi sorotan selama ini adalah, banyaknya anggota DPRD yang tak terbiasa muncul di depan publik memperjuangkan aspirasi rakyat. Hanya beberapa nama saja yang intens memperjuangkan aspirasi rakyat, termasuk menghadiri acara diskusi yang diadakan lembaga kemahasiswaan, ” bebernya.

Padahal, lanjut Fauzi, setiap anggota DPRD mendapatkan dana reses. sehingga pemanfaatannya harus betul betul kepentingan rakyat.

“Reses jangan hanya dibingkai dalam kegiatan formalitas belaka, tapi harus mengutamakan subtansi yaitu menyerap aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Olehnya itu, Rizal menghimbau kepada segenap pihak untuk tetap mengawal, bahkan berani melakukan kritikan terhadap para anggota legislator yang diduga tidak menjalankan reses sebagaimana mestinya.

“Kami berharap semua elemen masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa terlibat aktif memberi sumbang saran dan kritik, dalam setiap reses yang diadakan oleh anggota DPRD,” tegasnya.

Digiqole ad

Berita Terkait