Ingin Hadirkan Demokrasi Baik, PKS Beri Contoh Daftar Dana Kampanye Lebih Awal

Ingin Hadirkan Demokrasi Baik, PKS Beri Contoh Daftar Dana Kampanye Lebih Awal

SHARE
Hidayat Nur Wahid bersama Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaeni

Jakarta – Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (Fraksi PKS) Jazuli Juwaini merasa senang partainya menjadi pertama menyerahkan laporan awal dana kampanye peserta Pemilu 2019 ke KPU RI.

“Alhamdulillah PKS menjadi partai yang pertama kali melaporkan laporan dana awal kampanye kepada KPU,” kata Jazuli, Senin (24/9/2018).

Selain itu PKS melaporkan total caleg 533 se-Indonesia. Semuanya melaporkan dana kampanye sebanyak Rp 17 miliar dengan pengeluaran terbesar untuk produksi alat peraga kampanye.

Adapun total penerimaan yang tercatat yang diserahkan ke KPU sebesar Rp 17 miliar. Dengan rincian pengeluaran Rp 5 miliar, saldo akhir Rp 12 miliar. Bentuk pengeluarannya, pertama pertemuan terbatas kemudian produksi dengan desain alat peraga kampanye.

“Bagi PKS, ini adalah upaya untuk menghadirkan pemilu yang penuh keteladanan, transparansi dan akuntabilitas,” ujar Jazuli.

“Kita ingin membangun budaya berdemokrasi yang semakin baik terutama dari aspek akuntabilitas dana kampanya. Dan PKS sudah memulai itu, antara lain, sebelumnya PKS merupakan partai yang dinilai paling akuntabel dalam pelaporan dana partai politik. Selain itu PKS juga mendapatkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik,” paparnya.

“Kita ingin mengedukasi partai politik dan masyarakat dimulai dari PKS sendiri bahwa proses perbaikan demokrasi, di mana partai politik sebagai pilar utama, bisa dilakukan jika partai politik semakin profesional transparan dan akuntabel,” tutup Anggota Komisi I DPR RI ini. (J3)

Facebook Comments
Baca juga :   Begini Penampakan Calon Bupati Majalengka Serap Aspirasi Masyarakat