Ini Penjelasan PDIP Soal Kisruh Effendi Simbolon dengan TNI

 Ini Penjelasan PDIP Soal Kisruh Effendi Simbolon dengan TNI

JAKARTA – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR RI menegaskan tidak ada niat buruk soal pernyataan anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon, yang menyebut TNI Angkatan Darat (AD) layaknya gerombolan ormas.

“Pak Effendi menjelaskan dan mohon maaf, yang jelas Pak Effendi tidak punya niat tidak baik,” kata Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto kepada wartawan, Rabu (14/9/2022).

“Beliau putra TNI AD, almarhum Bapaknya Letnal kol Monal Simbolon, (pernyataan) beliau konteksnya menguatkan TNI,” tambahnya.

Lebih jauh, Utut mengungkapkan, persoalan ini hanya ada kekeliruan dari diksi yang disampaikan Effendi Simbolon dalam pernyataannya. Sehingga hal menimbulkan polemik di publik.

“Intinya pernyataan tersebut untuk menguatkan TNI AD. Sebagai pimpinan fraksi saya pastikan Pak Effendi tidak punya niat tidak baik. Beliau ingin TNI kuat dan bersatu, pemimpin dan yang dipimpin saling menghargai,” ujarnya.

“Kami semua bersaudara. Saya pastikan PDI Perjuangan mencintai TNI,” tukasnya.

Sebelumnya, Effendi Simbolon mengungkap ada sejumlah bukti disharmoni antara Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman. Effendi mengatakan, disharmoni antara Andika dan Dudung ini merisaukan dan sudah lama berbeda pandangan.

Effendi belum mau mengungkap apa penyebab disharmoni tersebut. Dia akan disampaikan dalam rapat kerja Komisi I yang tengah dijadwalkan dan akan dihadiri lengkap, Andika dan Dudung. Namun ia memberi sinyal sejumlah masalah itu misalnya penetapan kebijakan sampai ada terkait orang yang bermasalah dalam hukum dan dilindungi.

“Mungkin kalau nanti lebih detail pertemuan kita jadwalkan. Saya enggak mau juga berandai-andai,” imbuhnya.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait