Ini Pesan Presiden Jokowi di HUT ke-77 TNI

 Ini Pesan Presiden Jokowi di HUT ke-77 TNI

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Jokowi masuk ke lokasi upacara didampingi oleh istrinya Iriana Joko Widodo dan juga Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga didampingi istri Wury Ma’ruf Amin. Kemudian upacara dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Jokowi selanjutnya naik ke mimbar kehormatan dengan didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kemudian prosesi upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Bertindak selaku Komandan Upacara dalam upacara peringatan HUT ke-77 TNI adalah Kolonel Laut (PM) Erwin Kasirun.

Setelah itu, rangkaian acara dilanjutkan dengan pengucapan Sapta Marga oleh Lettu Czi Dwi Putra, Lettu Mar Marchel Galih Angkoso, dan Lettu Pnb Avinash Harist Ramawijaya. Presiden juga akan memberikan Tanda Kehormatan kepada prajurit terpilih dalam upacara HUT ke-77 TNI.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi memerintahkan jajaran TNI dan Polri untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani krisis pangan, energi, dan finansial.

“Saya minta ke jajaran TNI dan jajaran Polri untuk bersinergi menyukseskan berbagai agenda nasional ini. Dukung agenda-agenda nasional dalam penanganan krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial,” kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat dalam peringatan HUT ke-77 TNI.

Jokowi juga meminta agar jajaran TNI dan Polri membantu upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian pangan dan mengendalikan inflasi.

Jajaran TNI dan Polri, kata Jokowi, juga harus menjaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan.

Saat ini, kata Presiden, Indonesia mendapat kepercayaan untuk memberikan kontribusi yang signifikan kepada dunia, bukan hanya menangani krisis di dalam negeri. Indonesia pada 2022 menjadi Presidensi G20 dan anggota Champions Global Crisis Response Group. Selanjutnya pada 2023, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN.

“Kita harus mampu menunjukkan kepada dunia bahwa kepimpinan Indonesia di G20 bisa menghasilkan aksi dan solusi yang konkret agar krisis dunia tidak berlanjut dan membangun dunia yang lebih mampu menghadapi tantangan ke depan,” jelasnya.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia,” pungkasnya.

Dalam upacara tersebut, Jokowi melakukan panggilan video untuk menyapa prajurit TNI yang bertugas di empat lokasi, yakni Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kalimantan Barat, pengamanan terluar Sangihe-Talaud di Sulawesi Utara, petugas PLBN Sota di Merauke, Papua, serta PLBN Motaain Engelberhus Klau di Nusa Tenggara Timur.

Perayaan HUT TNI kali ini diwarnai oleh demonstrasi atraksi pesawat dari TNI Angkatan Udara (AU), seperti “fly pass” pesawat F16, helikopter yang membawa bendera raksasa Merah Putih dan bendera trimatra, serta pertunjukan akrobat pesawat Jupiter.

TNI juga akan menggelar “defile” puluhan kendaraan tempur dan alat sistem persenjataan utama (alutsista), yang rencananya berparade dari Istana Merdeka menuju Bundaran HI.

Laporan: Gia

Editor: Adip

Digiqole ad

Berita Terkait